PENGARUH PENERAPAN PAYMENT POINT ONLINE BANK (PPOB) TERHADAP FEE BASED INCOME PT BANK MUAMALAT INDONESIA TBK

Tanti Rahayu

Abstract


Pelayanan pembayaran melalui PPOB bertujuan untuk memfasilitasi pembayaran tagihan secara online, realtime, sehingga tidak ada kemungkinan terjadinya double payment, selain itu tujuan lainnya adalah terciptanya peluang bisnis jasa pelayanan pembayaran online antara penyedia jasa layanan, instansi terkait dan perbankan. Salah satu kegiatan perbankan selain menghimpun dana dan menyalurkan dana adalah memberikan jasa-jasa bank lainnya. Tujuannya adalah mendukung dan memperlancar kedua kegiatan tersebut.

Rumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: bagaimana sistem penerapan Payment Point Online Bank (PPOB) di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, bagaimana implementasi fee based income di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, berapa besar pengaruh penerapan Payment Point Online Bank terhadap fee based income pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: sistem penerapan Payment Point Online Bank di Bank Muamalat sudah berjalan baik, implementasi fee based income di Bank Muamalat sudah baik, Payment Point Online Bank (PPOB) berpengaruh signifikan terhadap fee based income pada Bank Muamalat.


Keywords


Payment Point Online Bank, Fee Based Income



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.777

Flag Counter   Â