Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Penerapan Service Quality Pada Bank Syariah Mandiri KC Pajajaran Kota Bandung

Iin Qaniah utami Dewi, Titin Suprihatin, Ifa Hanifia Senjiati

Abstract


Bank Syariah Mandiri (BSM) KC Pajajaran Kota Bandung merupakan salah satu bank syariah yang menerapkan sistem Service Quality dalam hal pelayanan guna memperoleh simpati dari nasabah maupun calon nasabah. Service Quality menurut etika bisnis Islam antara lain tabligh dan fathonah. Dalam penerapannya, di BSM KC Pajajaran masih ada beberapa keluhan nasabah terkait pemberian informasi layanan produk oleh para petugas frontliner. Permasalahan yang di bahas adalah: bagaimana pelayanan terhadap nasabah di lembaga perbankan syariah menurut konsep etika bisnis Islam, bagaimana penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung, dan bagaimana analisis konsep etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung ?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumetasi dan obeservasi, analisis data dilakukan secara kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konsep etika bisnis Islam merupakan landasan filosofis dalam pelaksanaan pelayanan nasabah oleh lembaga bank syariah yang dilakukan secara maksimal meliputi, Konsep Ke-Tuhanan, Pandangan Islam Terhadap Harta, Konsep Benar, Amanat, Jujur, Adil, Tangibles (Bukti Fisik), Emphaty (Empati), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap) dan Assurance (Keyakinan). Penerapan kebijakan dan pelaksanaan pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dilandasi dengan budaya perusahaan yang Islami serta SOP pelayanan melalui sistem Service Quality di BSM KC Pajajaran Kota Bandung dinilai masih ada yang belum terlaksana seperti unsur emphaty dan responsiveness terhadap nilai-nilai etika bisnis Islam.


Keywords


Etika Bisnis Islam, Pelayanan, dan Kualitas

References


Ahmad Ar Rifai, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid I, Pustaka Ilmu, Surabaya, 2007.

Anang Arif Susanto, Membangun Loyalitas Nasabah Bank Syariah, UII-Press, Yogyakarta, 2006.

Dahlan Bishri, Keadilan Sosial Dalam perspektif Islam, Paramedia, Jakarta, 2005.

Depag RI, Al Quran danTerjemahan, CV Diponegoro, Bandung, 2000.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syari’ah dalam Praktek, Gema Insani Press, Jakarta, 2003.

Eti Rochaety dan Ratih Tresnati, Kamus Istilah Ekonomi, Bumi Aksara, Jakarta, 2005.

Fandy Tjiptono, Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Andi Yogyakarta, 2000.

_____________, Manajemen Jasa, Andi, Yogyakarta, 1996.

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Bandung, 2006.

M. Napis Djuaeni, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Istilah Politik Ekonomi, Mizan, Bandung, 2005.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung, 2010.

Taha Jabir Al- Alwani, Bisnis Islam , Ak Group, Yogyakarta , 2005.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Indonesia, Jakarta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i2.6827

Flag Counter   Â