PENGARUH ISLAMIC BANKING SERVICES QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BRI SYARIAH KCP BANDUNG CIMAHI
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh Islamic Banking Service Quality terhadap loyalitas nasabah di Bank BRI Syariah KCP Bandung Cimahi, sebagaimana telah dikemukakan dalam Bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
- Pelaksanaan Islamic Banking Service Quality dinilai baik oleh nasabah. Dilihat dari skor kumulatif sebesar 5231. Artinya IBSQ yang dilaksanakan oleh BRI Syariah KCP Bandung Cimahi telah memenuhi aspek syariah (Syariah Issues), Reliability (kehandalan), Bank Costumer Relationship (hubungan baik dengan nasabah), Tangibles (tampilan fisik), dan Rates and Charges (tingkat pengembalian dan biaya layanan).
- Tingkat loyalitas nasabah di BRI Syariah KCP Bandung Cimahi dinilai tinggi, dilihat dari total skor kontinum sebesar 825. Artinya nasabah BRI Syariah KCP Bandung Cimahi selalu menggunakan layanan perbankan secara continue, kemudian mereka tahan terhadap penawaran dari pesaing yang menawarkan bagi hasil yang lebih tinggi dan produk yang lebih murah, serta mereka senantiasa mereferensikan BRI Syariah kepada keluarga dan teman, baik untuk menyimpan dana maupun meminjam dana.
- Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (Islamic Banking Service Quality)terhadapvariabel Y (loyalitasnasabah). Hal ini ditunjukan dengan nilai kontribusi dari variabel X yaitu Islamic Banking Services Quality yang dilaksanakan BRI Syariah KCP Bandung Cimahi terhadap variabel Y (loyalitas nasabah) adalah 22,4%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arasli, Huseyin, Mehtap-Smadi, Salime, dan Katirciogln, Salih Turan, Customer Service Quality In The Greek Cypriot Banking Industry, Managing Service Quality, Vol.15 (1),tnp, ttp, 2005.
Basu Swasta dan T Hadi Tandoko, Manajemen Pemasaran , Analisa dan Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta, 2000.
Didin Hafiduddin dan HendriTanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik, Gema Insani Press, Jakarta, 2003.
Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta, 2004
Harper W. Boyd Jr. (dkk), Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global, Jilid 1, Edisi Kedua, Alih bahasa Imam Nurmawan, Erlangga, Jakarta, 2000.
Hermawan Kartajayad an Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan ,Bandung, 2006
Jill Griffin, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Edisi Revisi danTerbaru, Jakarta, Erlangga, 2005.
Mohammad Nazir, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.
Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Rajawali Press, Jakarta, 2008.
Muhammad Abduh, Islamic Banking Service Quality and Withdrawal Risk: The Indonesian Experience, International Journal of Excellence in Islamic Banking and Finance, ISSN 2220-8291 VOLUME 1 – Issue 2 September, 2011.
Philip Kotler& Kevin Lane Keler, ManajemenPemasaran, Edisi Tiga Belas, Jilid Satu, Terjemahan Bob Sabran, Erlangga , Jakarta, 2006.
__________, ManajemenPemasaran, Edisi TigaBelas, Jilid Dua, Terjemahan Bob Sabran, Erlangga , Jakarta, 2009
Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Alfabeta. Bandung, 2002.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.659
  Â