Pengaruh Pengetahuan dan Kepercayaan terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat di Sinergi Foundation Kota Bandung

Teza Sintina, Neneng Nurhasanah, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract.Indonesia country whose population is 85% Muslim. But the potential for people to pay zakat still low. Based on the report Baznas only 50%, for example at the foundation of the synergy potential of 250 billion just to collect 5.3 billion with a total of 2,197 muzzaki. This is one of them due to the knowledge and belief, but a survey conducted by the synergy of foundation showed 85% of the public knowledge of the charity is good even merekata not only mengetahai pengertianya but has to know more as far as the provisions and terms shall be issued in detail. As well as public confidence in the LPZ has been good but the number muzzaki paying zakat in LPZ remains low. This study aims to determine whether there is influence of knowledge and confidence in the public interest to pay zakat. This study aims to test partial and simultaneous how knowledge and belief affect the public interest in Synergy pay zakat foundation. Research methods to use to sampling is random sample (Probability Sampling), whereas the method used mainly for data collection using questionnaires, interviews and documentation. Then the data analysis techniques used in this research is to test the validity, reliability and multiple regression analysis. Results of the study were processed with SPSS version 20.0 for windows indicate that the influence of the independent variables (knowledge and belief) on the dependent variable (the public interest) amounted to 39.3%, while 60.7% is influenced by other variables not included in this research. This means insignificant variable ability knowledge and beliefs in light of variable interest. Simultaneously or jointly variables there are significant knowledge and confidence in the public interest to pay zakat Because F count> F table (11.985> 3.294), partially or each variable no effect while the variable trust affect the interest of the public to pay zakat for the value of F count> F table (0.928> 0.206).

Abstrak.Negara Indonesia yang penduduknya 85% beragama Islam. Namun potensi masyarakat yang membayar zakatnya masih rendah. Berdasarkan laporan Baznas hanya 50% saja, sebagai contoh di sinergi foundation dari potensi 250 miliar hanya menghimpun 5,3 miliar dengan total muzzaki 2.197. Hal tersebut salah satu diantaranya disebabkan oleh pengetahuan dan kepercayaan, namun survei yang dilakukan  oleh sinergi foundation menunjukan 85% masyarakat pengetahuannya tentang zakat sudah baik bahkan merekata tidak hanya mengetahai pengertianya saja tetapi sudah mengetahui lebih jauh seperti ketentuan-ketentuan dan syarat-syarat wajib di keluarkan secara detail. Begitu juga dengan kepercayaan masyarakat terhadap LPZ sudah baik namun jumlah muzzaki yang membayar zakat di LPZ tetap saja rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengetahuan dan kepercayaan  terhadap minat masyarakat membayar zakat. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana pengetahuan dan  kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat di Sinergi foundation.  Metode Penelitian yang digunkan untuk pengambilan sampel adalah sampel acak (Probability Sampling), sedangkan metode yang digunkan untuk pengumpulan data mengunakan kuesioner , wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan analisis regresi berganda.  Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS Versi 20,0 for windows menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (pengetahuan dan kepercayaan) terhadap variabel dependen (minat masyarakat) sebesar 39,3%, sedangkan yang 60,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hal ini berarti tidak signifikan kemampuan variabel pengetahuan dan kepercayaan dalam menerangkan variabel minat. Secara simultan atau bersama sama variabel terdapat pengaruh pengetahuan dan kepercayaan terhadap minat masyarakat membayar zakat Karena nilai F hitung > F tabel  (11,985 >3,294),  secara  parsial atau masing masing variabel tidak ada pengaruh sedangkan variabel  kepercayaan berpengaruh terhadap minat masyarakat membayar zakat karena nilai F hitung > F tabel  (0,928 > 0,206).


Keywords


Knowledge, Belief, Public Interest Paying zakat

References


Miftah Faridl. Tafsir Zakat Kajian Berbagai Mazhab, Bandung: 2015 Ambara, Iqbal M., Problematika Zakat dan Pajak Indonesia, Bandung: Sketsa, 2015

M. Taufiq Amir, Dinamika Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Hendrie Anto, Pengantar Ekonomika Mikro Islami, Yogyakarta: Ekonosia FEUII, 2003

Arifin Zainul, Memahami Bank Syari’ah Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek, Jakarta: Alvabet, 2000

Asnaini, Zakat Produktif Dalam Perspektif hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008 Brusur Rumah Zakat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5812

Flag Counter   Â