Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Hotel Narapati Indah Bandung)
Abstract
Abstract.Hotel sharia is as usual, the operations and services adapted to Islamic principles or guidelines Islamic teachings. However, it is undeniable that today hotel sharia is still not so attractive to the public. One of the sharia in Bandung area is Narapati Indah Hotel Bandung, to face competition and realize healthy business, then known as the term Islamic principles. Hotel Syariah Hotel can be regarded as emerging and reduce the image that the hotel is mostly seen as a gathering place for the general public either immoral as adultery, drugs, and other negative actions. The problem of this research is how the implementation of the application of the principles of sharia on Hotel Narapati Indah Bandung, how the level of service quality at Hotel Narapati Indah Bandung, how the level of satisfaction at the Hotel Narapati Indah Bandung and how the effect of the application of the principles of sharia and the quality of service to satisfaction Bandung Indah Hotel Narapati consumers. This study aims to investigate the implementation of the application of the principles of sharia on Narapati Indah Hotel Bandung, to know the level of quality of service at Narapati Indah Hotel Bandung and to determine the application of the principles of sharia and the quality of service to customer satisfaction Narapati Indah Hotel Bandung. The method used is descriptive analysis and verification that describes the influence of two or more different variables in accordance with the facts that exist. Collecting data in this variable using questionnaires / questionnaire and data sources used are the source of primary data and secondary data sources. The sample in this study were taken by accidental sampling technique is a sampling technique based on chance, that anyone who by chance met with investigators can be used as a sample. Descriptive analysis and verification methods, namely, analyzing describe and summarize a variety of conditions, the situation of the various data collected through questionnaires in the form of interviews or observations concerning the issues examined that field. In the implementation of operational, Narapati Indah Hotel Bandung has implemented the principles of sharia very well on customer satisfaction, the level of service quality Bandung Indah Hotel Narapati well on customer satisfaction and the level of customer satisfaction Bandung Indah Hotel Narapati well. Based on the multiple regression calculation results are not significant, the principles of sharia and service quality affects only 25.9% of consumer satisfaction. That is, 74.1% is influenced by factors - other factors not examined. It can be concluded that there is no influence between the application of the principles of sharia and the quality of service to customer satisfaction.
Abstrak.Hotel syariah adalah hotel sebagaimana lazimnya, yang operasional dan layanannya telah menyesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah atau pedoman ajaran Islam. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini hotel syariah masih belum begitu diminati oleh masyarakat. Salah satu hotel yang berbasis syariah di wilayah Bandung adalah Hotel Narapati Indah Bandung, untuk menghadapi persaingan serta mewujudkan bisnis yang sehat, maka dikenal istilah prinsip-prinsip syariah . Hotel Syariah dapat dikatakan sebagai Hotel yang muncul dan mengurangi image bahwa Hotel yang kebanyakan dipandang masyarakat awam sebagai tempat berkumpulnya maksiat baik itu perzinahan, narkoba, dan perbuatan negative lainnya.  Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariahpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kualitas pelayananpada Hotel Narapati Indah Bandung, bagaimana tingkat kepuasan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan bagaimana pengaruh penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasankonsumen Hotel Narapati Indah  Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan prinsip-prinsip syariah pada Hotel Narapati Indah Bandung, untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pada Hotel Narapati Indah Bandung dan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan  konsumen Hotel Narapati Indah Bandung.  Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif yang menggambarkan pengaruh dua variabel atau lebih yang berbeda sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Pengumpulan data dalam variabel ini menggunakan kuesioner/angket dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik aksidental sampling adalah teknik penentuan sampel  berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Metode analisis deskriptif dan verifikatif yaitu, menganalisis menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara melalui kuesioner atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang dilapangan. Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Narapati Indah Bandung telah menerapkan prinsip-prinsip syariah dengan sangat baik pada kepuasan konsumen, pada tingkat kualitas pelayanan  Hotel Narapati Indah Bandung baik pada kepuasan konsumen dan pada tingkat kepuasan konsumen Hotel Narapati Indah Bandung baik. Berdasarkan perhitungan regresi berganda hasil yang didapat tidak signifikan, prinsip-prinsip syariahdan kualitas pelayanan hanya berpengaruh sebesar 25,9% terhadap kepuasan konsumen. Artinya, 74,1% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penerapan prinsip-prinsip syariah dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku
EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi,Difa Publisher Semarang, 2008, hlm. 671.
Totok Jumantoro dan Samsul Munir Amin,Kamus Ilmu Ushlul Fikih, Amzah, Jakarta, 2005, hlm. 307.
Salamatun asakdiyah, Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Dalam pembentukan Intensi Pembelian Konsumen, Yogyakarta, 2005, hlm. 130
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1. PT Indek, Jakarta, hlm. 177.
Arikunto Suharsimi, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2010, hlm. 173.
Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta, Bandung, 2011, hlm. 119.
Zulganef, Pemodelan Persamaan Struktur dan Aplikasinya menggunakan AMOS 5. Pustaka, Bandung , 2006, Hlm 71.
Totok Jumantro dan Samsul Munir Amin, Kamus Ilmu Ushlul Fiqih, Amzah, Jakarta, 2005, hlm. 307.
Suud Fuadi, Ekonomi Syariah, Makalah, tt.
Neni Sri Imaniyati, Hukum Ekonomi Islam dan Ekonomi Islam, Mandar Maju, Bandung, 2002, hlm. 168.
Johan Arifin, Op. Cit, hlm. 37.
Ahmad Aghar Basyir, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam Dalam Berbagai Aspek Islam, Tiara Wacana, Yogyakarta, 1992, hlm. 13-14.
Kuat Ismanto, Op. Cit, hlm 27-36
Karebet, Yusanto. Menggagas bisnis islami, Gema Insani, Jakarta, 2002. hlm. 15
Karebet, Yusanto. Menggagas bisnis islami, Gema Insani, Jakarta, 2002. hlm. 36
Kuat Ismanto, Manajemen Syari’ah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, hlm.24-25.
Ruswandi, Op.Cit.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1. PT Indek, Jakarta, 2007. hlm. 177.
Suci Utami Wikiningtyas, Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Pelayanan Hotel, Semarang, 2007, hlm. 50
Lovelock, C.H. dan Wright, L.K.. Manajemen Pemasaran Jasa.Indeks kelompok Gramedia. Jakarta, 2005, hlm. 56
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid 1. PT Indek, Jakarta, hlm. 61
Wawancara
Ivan Pahala, Sales & Marketing Hotel Narapati Indah Bandung. Wawancara pada tangga 21 Oktober 2016, pukul 14.00 WIB
Web
http://www.ahmadzain.com/read/karya-tulis/201/hukum-asuransi-dalam-islam. Tanggal 19 Juni 2016, pukul 17.35
Ruswandi, Hotel Dengan Kaidah Syari’ah,Makalah http://mentoringku.wordpress.com 19 Juni 2016 pukul 17.53 wib.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5623
  Â