Analisis Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Mezora Tubagus Ismail
Abstract
Abstract.Today many brands of hijab appearing, and each brand has different characteristics. One of them, Mezora the brand that has the mission to perform shar'Ä« but still trendy and fashionable with affordable prices and good quality, it turns out the quantity of products sold per day are very different in the some Mezora outlet. Mezora Outlet Balubur Town Square more the quantity of products sold per day than the two outlets and outlet Mezora the lowest quantity of products sold in Mezora Outlet Tubagus Ismail. In fact, when seeing from the brand image and the quality of the products appear similar but in different purchasing decisions. So that raises questions about the factors that influence. The formulation of the problem and the purpose of this study is, know the views of people about the brand image. Mezora, knowing people's views about the quality of products Mezora and determine the influence of brand image and product quality to purchase decision (Case study Mezora Outlet Tubagus Ismail) this study uses a quantitative method because it aims to confirm the data obtained in the field with existing theories. The object of the research is the Consumer Mezora Outlet Tubagus Ismail with a total sample of 80 consumers with sampling random sampling technique. As for the technique of data collection is done by using the method of observation, interviews, questionnaires and literature. The data were processed using the test reliability, validity, statistics and classical assumptions. The results of this study indicate that public perceptions of the brand image (brand image) Mezora at the level agreed with the total score of the brand image (brand image) amounted to 325.8. That is, the variable of brand image (brand image) very well regarded among the community. As well as society's view of the product quality is at the level Mezora strongly agree with the total score of the quality of the product was 322.7. That is, the variable quality of the product very well regarded in the community. When viewed from the partial test brand image (brand image) did not significantly influence the purchasing decision because the smaller the value t table t or 1.842 <1.990. While the quality of products significantly influence purchasing decisions because the value t table is greater than t or 6.570> 1.990. When viewed from a simultaneous test shows that the brand image (brand image) and product quality has positive influence on purchasing decisions that have a significance value of 0.000.Â
Abstrak.Saat ini banyak brand-brand hijab bermunculan, dan setiap brand memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Salah satunya brand Mezora yang yang mempunyai misi tampil syar’i namun tetap trendy dan fashionable dengan harga terjangkau serta kualitas barang yang baik, ternyata kuantitas produk yang terjual per harinya di beberapa outlet Mezora sangat berbeda. Outlet Mezora Balubur Town Square lebih banyak kuantitas produk yang terjual per harinya dibandingkan dengan dua outlet yang lain dan Outlet Mezora yang terendah kuantitas produk yang terjual di Mezora Tubagus Ismail. Padahal, jika dilihat dari citra merek (brand image) dan kualitas produk nampak sama tetapi dalam keputusan pembelian berbeda. Sehingga menimbulkan pertanyaan terkait faktor-faktor yang mempengaruhi. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui pandangan masyarakat tentang citra merek (brand image) Mezora, mengetahui pandangan masyarakat tentang kualitas produk Mezora dan mengetahui pengaruh citra merek (brand image) dan kualitas produk terdahap keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Outlet Mezora Tubagus Ismail) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Objek penelitian yang digunakan adalah Konsumen Outlet Mezora Tubagus Ismail dengan jumlah sampel sebanyak 80 konsumen dengan teknik sampling random sampling. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Data diolah menggunakan uji reliabilitas, validitas, statistik dan asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandangan masyarakat terhadap citra merek (brand image) Mezora berada pada level sangat setuju dengan total score citra merek (brand image) sebesar 325,8. Artinya, variabel citra merek (brand image) dipandang sangat baik dikalangan masyarakat. Serta pandangan masyarakat terhadap kualitas produk Mezora berada pada level sangat setuju dengan total score kualitas produk adalah 322,7. Artinya, variabel kualitas produk dipandang sangat baik di kalangan masyarakat. Bila dilihat dari uji parsial citra merek (brand image) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai t tabel lebih kecil t hitung atau 1,842 < 1,990. Sedangkan kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian karena nilai t tabel lebih besar dari t hitung atau 6,570 > 1,990. Bila dilihat dari uji simultan menunjukkan bahwa citra merek (brand image) dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian yaitu memiliki nilai signifikansi 0,000.Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Husni Syawali dan Neni Sri Imaniyati, Hukum Perlindungan Konsumen,Bandung: Mandar Maju, 2000.
Jiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing, 2011.
Kotler Philip dan Amstrong Gary. Marketing Principles. New Jersey, Penerbit Prentice, 2004.
Philip Kotler & Kevin Keller, Manajemen Pemasaran, PT Indeks,Jakarta, 200.
Surachman, Dasar-Dasar Manajemen Merek, Bayumedia Publishing, 2008.
Swastha, Bashu, Ibnu Sukotjo, “Pengantar Bisnisâ€, Liberti, Yogyakarta, 2010.
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing, 2008.
Artikel dan Jurnal ilmiah
Nurul Afida, Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Loyalitas Konsumen, 2010, Skripsi,
Kutipan dari Ahmad Baihakki Zaini, 2013.
Wawancara
Hasil survey dan wawancara dengan Dini, Ulfah dan Ayu SPG Mezora Tubagus Ismail, Mezora Baltos dan Mezora BIP di Bandung, 13-15 Juni 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5432
  Â