Pengaruh ATM KTM Co Branding terhadap Pelayanan Islami Nasabah (Studi Kasus pada Bank BRI Syariah KK Unisba)
Abstract
Abstract.In the banking industry can be improved Co Branding Co Branding with good planning, as proposed by an expert Hermawan Karatajaya Co-Branding is a brand strategy that could affect the Islamic ministry, such as the Trust, Fathonah, Tabligh and honest. The criteria that affect the Islamic ministry co-branding, the Sharia-based company employees must maintain the relationship between the members of the top level to the lowest level. All patterns, attitudes and rules in the company should reflect the values of Shariah. The aim of this study was to investigate the system Co Branding conducted BRI Syariah KK Unisba with the University of Alberta, Co-Branding by Bank BRI Syariah KK Unisba with the University of Alberta and the ATM KTM Co Branding of service Islami customer service Islami occur at the Islamic University Bandung. The method used is descriptive analysis and verification. Source of this research are primary data and secondary data derived from interviews and questionnaires of BRI Syariah Unisba families and students Unisba. Data collection techniques in this research is a field research, documentation and literature. Data analysis technique used is a positive numerical regression table. These results indicate that, payment of college students, faculty and staff payroll and management of the foundation Unisba Unisba done through the cooperation Unisba BRI Syariah. And Responder on ATM KTM Co Branding of Services Islami generally fall into either category.
Abstrak.Di industri perbankan Co Branding dapat ditingkatkan dengan merancang Co Branding yang baik, seperti yang dikemukakan oleh pakar Hermawan Karatajaya Co-Branding merupakan strategi merek yang dapat memberikan pengaruh kepada pelayanan Islami seperti: Amanah, Fathonah, Tabligh dan Jujur. Kriteria tersebut merupakan pelayanan Islami yang mempengaruhi co-branding, pada perusahaan berbasis Syariah para karyawan wajib menjaga hubungan antar sesama dari mulai tingkat paling atas sampai tingkat paling bawah. Seluruh pola, sikap dan aturan-aturan dalam perusahaan harus mencerminkan nilai- nilai Syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem Co Branding yang dilakukan BRI Syariah KK Unisba dengan Universitas Islam Bandung, Co-Branding yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah KK Unisba dengan Universitas Islam Bandung dan pengaruh ATM KTM Co Branding terhadap pelayanan Islami nasabah pelayanan Islami terjadi di Universitas Islam Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Sumber penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari hasil wawancara dan kuisioner dari bank BRI Syariah KK Unisba dan mahasiswa Unisba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisa data yang digunakan adalah tabel regresi berangka positif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pembayaran kuliah mahasiswa, Penggajian dosen dan karyawan unisba serta pengelolaan yayasan Unisba dilakukan melalui BRI Syariah yang bekerjasama Unisba. Dan Tanggapan responden mengenai ATM KTM Co Branding terhadap Pelayanan Islami secara umum termasuk dalam kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Sumber Buku
Neni Sri Iminiyati dan Panji Adam, Pengantar Hukum Perbankan Indonesia, PT Refika Aditama, Bandung, 2016.
Supranto, Johanes, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta, 1997,
Veithzal, Rivai, Islamic Banking: Sebuah teori, konsep dan aplikasi, PT Bumi Aksara, Jakarta, 2009,
Karya ilmiah
Aditia Vivaldi, Indira Rachmawat.2013. Pengaruh CO-Branding kartu debit dan kredit bank BNI terhadap Brand Equity Bank BNI tahun 2013 (studi kasus di kota Bandung)
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5428
  Â