Pengaruh Harga Paket dan Pendapatan Pembeli terhadap Permintaan Jasa Umrah di PT AMWA Tours Bandung Periode 2015 - 2016

Haryati Hanapiah, Titin Suprihatin, Susilo Setyawan

Abstract


Abstract.The high interest of Muslims in Indonesia to perform pilgrimage to the Holy Land continues to increase from year to year. From January 1 to May 7 2015 the number of Umrah’s pilgrims reached to 24 896 worshipers. While in 2016 the number of Umrah’s pilgrims reached 36 324 worshipers. This is also reflected in the PT AMWA Tours Bandung, in 2015 the number of Umrah’s pilgrims as many as 877 worshipers. In 2016 the number of Umrah’s pilgrims has increased to 1072 worshipers. Demand of Umrah’s services in PT AMWA Tours Bandung is fluctuated. Usually the level of demand for Umrah is influenced by several factors, such as price and buyer’s income. Based on the above phenomenon, the purpose of this study was to determine the fluctuations in demand of umrah services, to determine the package’s price of buyer and buyer’s income, and to determine the effect of the package’s price of buyer and consumer’s income to demand of umrah’s services simultaneously and partially in PT AMWA Tours Bandung.The method that had been used is descriptive analytical. Source data that had been used is secondary data which obtained directly from PT AMWA Tours. The data had been collected with study of documentation, interview, and literature. Data analysis tool which had been used is multiple linear regression.Based on the results of this study, concluded that fluctuations in demand for services of Umrah in the year 2015-2016 at PT AMWA Tours take place every month.Umrah’s package rates offered range 1750-3525 USD, while buyer’s income ranging from Rp 3,250,000 - Rp 7,500,000. Based on simultaneous significance test, a significance’s value equal to 0.014. This means that there are significant effect ofthe package’s price of buyer and consumer’s income to demand in Umrah services. In partial significance test, only the package’s price of buyer which affect the demand for umrah services, with a significance’s value of 0.007. While buyer’s income obtained significance’s value of 0.472. This means that there is no influence between buyer’s income to demand for Umrah services.

Abstrak.Tingginya animo umat Islam di Indonesia untuk menjalankan ibadah ke Tanah Suci terus meningkat dari tahun ke tahun. Sejak tanggal 1 Januari hingga 7 Mei 2015 jumlah jamaah umrah mencapai 24.896 jamaah. Sedangkan di tahun 2016 jumlah jamaah umrah mencapai 36.324 jamaah. Hal tersebut juga terjadi di PT AMWa Tours Bandung, pada tahun 2015 jumlah jamaah umrah sebanyak 877 jamaah. Pada tahun 2016 terjadi peningkatan jumlah jamaah yaitu menjadi 1072 jamaah. Permintaan jasa umrah di PT AMWa Tours Bandung mengalami fluktuasi. Biasanya tinggi rendahnya permintaan jasa umrah dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain seperti faktor harga dan pendapatan pembeli. Berdasarkan fenomena di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fluktuasi permintaan jasa umrah, untuk mengetahui harga paket dan pendapatan pembeli, dan untuk mengetahui pengaruh harga paket dan pendapatan pembelian konsumen  terhadap permintaan jasa umrah secara simultan dan parsial di PT AMWa Tours Bandung.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh langsung dari PT AMWa Tours dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fluktuasi permintaan jasa umrah pada tahun 2015-2016 di PT AMWa Tours terjadi setiap bulannya. Harga paket umrah yang ditawarkan berkisar 1.750 – 3.525 USD, sedangkan pendapatan pembeli berkisar antara Rp 3.250.000 – Rp 7.500.000. Berdasarkan uji signifikansi simultan, terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,014. Artinya terdapat pengaruh harga paket dan pendapatan pembeli terhadap permintaan jasa umrah. Pada uji signifikansi parsial, hanya harga paket yang berpengaruh terhadap permintaan jasa umrah, dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Sedangkan pendapatan pembeli diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,472. Artinya  tidak terdapat pengaruh antara pendapatan pembeli terhadap permintaan jasa umrah.

 


Keywords


Cost, Revenue, Demand, Umrah

References


Al Qur’an

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama Republik Indonesia, Jakarta,2003.

Buku

Heri Sudarsono, Konsep Ekonomi Islam, EKONISIA, Yogyakarta, 2004.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Prehallindo,Jakarta, 2000.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yogyakarta, Ekonomi Islami, Universitas Islam Yogyakarta, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2008.

Setiawan Budi Utomo, Fiqih Aktual (Jawaban Tuntas Masalah Kontemporer), Gema Insani, Jakarta, tt.

Jurnal Ilmiah

Muhammad Farrid, “Teori Permintaan dalam Pandangan Islamâ€, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 01, No. 02, November 2014.

Website

Affan Rangkuti, Rata-Rata Jemaah Umrah Berangkat Perhari 195 Orang, http://haji.kemenag.go.id/v2/content/rata-rata-jemaah-umrah-berangkat-perhari-195-orang.Diakses tanggal 26 Mei 2016, pukul 20.30 wib.

Biro Umroh dan Haji Makin Menjamur, http://www.amphuri.org/berita.php?berita=56. Diakses tanggal 26 Mei 2016, pukul 20.30 wib.

https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Indonesia.

http://kantorurusanhaji.com/laporan-ppiu-kantor-urusan-haji/. Diakses tanggal 26 Mei 2016, pukul 21.00 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v3i1.5296

Flag Counter   Â