Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung)

Fitry Alhiqmah Gucciani, Titin Suprihatin, Sri Suwarsi

Abstract


Abstract.Hotel sharia is as usual, the operations and services adapted to Islamic principles or  guidelines Islamic teachings. However, it is undeniable that today hotel sharia is still not so attractive to the public. One of the sharia in Bandung area is the Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, to face competition and realize healthy business, then known as the term business ethics. Hotel Syariah Hotel can be regarded as emerging and reduce the image that the hotel is mostly seen as a gathering place for the general public either immoral as adultery, drugs, and other negative actions. The problem of this research is how the application of Islamic business ethics at the Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, how customer loyalty at Hotel Sofyan Inn Specia Bandung and how the influence of Islamic business ethics on customer loyalty Sofyan Inn Specia Bandung. This study aims to determine the application of Islamic business ethics at the Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, to determine consumer loyalty at Hotel Sofyan Inn Specia Bandung and to know the business ethics of Islam on consumer loyalty Sofyan Inn Specia Bandung. The method used is descriptive analysis and verification that describes the influence of two or more different variables in accordance with the facts that exist. Collecting data in this variable using questionnaires / questionnaire and data sources used are the source of primary data and secondary data sources. The sample in this study were taken by accidental sampling technique is a sampling technique based on chance, that anyone who by chance met with investigators can be used as a sample. Descriptive analysis and verification methods, namely, analyzing describe and summarize a variety of conditions, the situation of the various data collected through questionnaires in the form of interviews or observations concerning the issues examined that field.In the implementation of its operations, Sofyan Inn Specia Bandung has implemented a business ethics of Islam very well, and the level of consumer loyalty Sofyan Inn Specia Bandung is quite good. Based on simple linear regression calculation results are not significant, Islamic business ethics affect only 2.8% on consumer loyalty. That is, 97.2% is influenced by factors - other factors not examined. It can be  concluded that there is no influence between the Islamic business ethics on consumer loyalty

Abstrak.Hotel syariah adalah hotel sebagaimana lazimnya, yang operasional dan layanannya telah menyesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah atau pedoman ajaran Islam. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini hotel syariah masih belum begitu diminati oleh masyarakat. Salah satu hotel yang berbasis syariah di wilayah Bandung adalah Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, untuk menghadapi persaingan serta mewujudkan bisnis yang sehat, maka dikenal istilah etika bisnis. Hotel Syariah dapat dikatakan sebagai Hotel yang muncul dan mengurangi image bahwa Hotel yang kebanyakan dipandang masyarakat awam sebagai tempat berkumpulnya maksiat baik itu perzinahan, narkoba, dan perbuatan negative lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan etika bisnis islam pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, bagaimana loyalitas konsumen pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung dan bagaimana pengaruh etika bisnis Islam terhadap loyalitas konsumen Hotel Sofyan Inn Specia Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung, untuk mengetahui loyalitas konsumen pada Hotel Sofyan Inn Specia Bandung dan untuk mengetahui etika bisnis Islam terhadap loyalitas konsumen Hotel Sofyan Inn Specia Bandung.Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif yang menggambarkan pengaruh dua variabel atau lebih yang berbeda sesuai dengan fakta-fakta yang ada. Pengumpulan data dalam variabel ini menggunakan kuesioner/angket dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik aksidental sampling adalah teknik penentuan sampel  berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Metode analisis deskriptif dan verifikatif yaitu, menganalisis menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara melalui kuesioner atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang dilapangan.Dalam pelaksanaan operasionalnya, Hotel Sofyan Inn Specia Bandung telah menerapkan etika bisnis Islam dengan sangat baik, dan pada tingkat loyalitas konsumen Hotel Sofyan Inn Specia Bandung cukup baik. Berdasarkan perhitungan regresi linier sederhana hasil yang didapat tidak signifikan, etika bisnis Islam hanya berpengaruh sebesar 2,8% terhadap loyalitas konsumen. Artinya, 97,2% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara etika bisnis Islam terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


Hotel Syariah, Islamic Business Ethics, Consumer Loyalty.

References


Rafi Issa Beekun. Etika Bisnis Islam. alih bahasa Muhammad. cet. ke-1.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004. Hal 16.

Nidal S Sabri dan M. Hisyam Jabir. Etika Bisnis dan Ekonomi. dalam Sofyan

Safitri Harahap. Akutansi Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1997. Hal 230.

Ali, Hasan. Marketing. Yogyakarta. Media Pressindo. 2008. Hal 81.

Amin Widjaja Tunggal, Drs..Ak.MBA. Dasa-dasar Costumer Relationship

Management (CRM). Jakarta:Harvindo. 2008. Hal 6.

Musanto, Trisno. Faktor-faktor Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya. Cv

Media Advertising. 2004. Hal128.

Griffin, Jill. Costumer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan

Pelanggan. edisi Revisi dan terbaru. Diterjemahkan oleh Dr. Dwi Kartini

Yahya. Jakarta:Erlangga. 2005.

Agus Sulistiono. 2006. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Johan Arifin. Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press. 2009. Hal 131

Veithzal Rivai dan Antoni Nizar Usman. Islamic Economi and Finance. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama. 2012. Hal 215-216




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.4260

Flag Counter   Â