Pengaruh Bauran Pemasaran Islami (Islamic Marketing Mix) terhadap Peningkatan Jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung Antapani
Abstract
Abstract.Islamic Marketing Mix is the tools that consists of product, cost, location, promotion, human resource, process, and physical evidence used by RZ Bandung-Antapani Branch Office whose purpose is to increase the amountof Muzakki and compete with its competitors. However, after conducting pre-survey, there is lowering in the development of Muzakki amount in the last three-years. Meanwhile, the research questions in this study are: how is the implementation of Islamic Marketing Mix in RZ Bandung-Antapani Branch Office?, how is the development of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office? how is the effort on the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office? how much influence of Islamic Marketing Mix towards the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office is?. The method employed in this research is analysis descriptive. The technique of data collection conducted in this study is multiple regressions in order to know how much influence of Islamic Marketing Mix towards the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office. The result of this study shows that the implementation of Islamic Marketing Mix conducted in RZ Bandung-Antapani Branch Office that suits Sharia principles, has lowering ofMuzakkiamount in the last three-years. The effort in enhancing the amount of Muzakki is by optimizing promotion tool that is used and having collaboration with the other corporations. The result of test research of F α = 0.10 is obtainedAsym. Sig = 0.000. It shows thatAsym.(Sig.) <0.10, so H0 is rejected. The result of the test reveals that Islamic Marketing Mix significantly influences the enhancement of Muzakki amount in RZ Bandung-Antapani Branch Office.Â
Abstrak.Bauran pemasaran Islami merupakan tools yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, SDM, proses dan sarana fisik yang digunakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani dengan tujuan meningkatkan jumlah Muzakki dan bersaing dengan kompetitornya. Namun fakta dilapangan setelah dilakukan pra-survey bahwa terjadi penurunan pada perkembangan jumlah Muzakki dalam kurun tiga tahun terakhir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiamana pelaksanaan bauran pemasaran Islami pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana perkembangan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, bagaimana upaya peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani, Seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan regresi berganda, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran Islami terhadap peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan bauran pemasaran Islami yang dilaksanakan RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani telah sesuai dengan prinsip syariah, terjadi penurunan jumlah Muzakki dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, upaya peningkatan jumlah Muzakki dengan mengoptimalkan alat promosi yang digunakan serta menjalin kerjasama dengan corporate lainnya. Dengan hasil penelitian uji F α = 0.10 diperoleh Asym. Sig = 0.000 , menunjukkan bahwa Asym.(Sig.) < 0.10 ,maka H0 ditolak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa bauran pemasaran Islami mempengaruhi secara signifikan peningkatan jumlah Muzakki pada RZ Kantor Cabang Bandung-Antapani.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
BUKU :
Qordhawi, Yusuf. 2002. Fiqih Zakat, Terjemahan.Salman Harun, Cet.6. Jakarta: Litera Antar Nusa
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012. ManajemenPemasaran, Edisi ke-14 jilid 1. Erlangga. Jakarta
Yusanto, Muhammad Ismail dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. 2012. Menggagas Bisnis Islami, Jakarta: Gema Insani Press
Usman, Absul Halim. 2015. Manajemen Strategi Syariah. Jakarta: Zikrul
JURNAL :
Ahmed,et.all,â€International marketing ethics from an Islamic Perspective: a value-maximization approachâ€, Journal of Business Ethics, 32(2), 127-142
Mohd Ali Bahari (et.all.),â€Marketing Mix From Islamic Maketing Perspectiveâ€, International Journal of Business and Management, Vol.4 No.2,January 2012
Mujiyati, Bagus Rudhiyoko & Muhammad Sholehuddin, Some Influence Factors of Zakah-Infaq-Shadaqah Collecting (Case in Surakarta-Central Java-Indonesia).Seventh International Conference-The Tahwidi Epistemology: Zakat and Waqf Economy, Bangi Malaysia, 2010
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.3520
  Â