Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk BMT ItQan dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Diana Suci Lianingsih, Mohamad Andri Ibrahim, Intan Nurrachmi

Abstract


Abstrak-BMT ItQan merupakan lembaga keuangan mikro syari’ah khususnya BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) yang berada di Kota Bandung. BMT ini mengalami pertumbuhan yang patut disyukuri dengan terjadinya peningkatan dari sisi Pendapatan, Laba, Jumlah Anggota Pertumbuhan tersebut tidak terlepas dari adanya analisis SWOT dan strategi pemasaran yang digunakan BMT ItQan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk  mengetahui strategi pemasaran BMT ItQan dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pada produk yang dipasarkan. Dan untuk mengetahui strategi pemasaran produk BMT ItQan berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara penulis dengan staf BMT, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen BMT berupa struktur organisasi, sejarah berdirinya BMT, visi misi, tujuan, produk dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Analisis SWOT dari faktor Internal dan Eksternal menunjukkan BMT ItQan Bnadung masuk. (positif, positif) kuadran, yaitu posisi yang sangat diuntungkan, Perusahaan memiliki kekuatan dan peluang karena faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan faktor peluang juga lebih besar dari faktor ancaman yang dihadapi, sehingga dapat bersaing dengan keuangan lainnya. institusi.

Kata kunci : BMT ItQan, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Absract-BMT ItQan is a sharia microfinance institution, especially BMT (Baitul Maal Wat Tamwil) located in the city of Bandung. BMT is experiencing growth that should be grateful for the increase in terms of Revenue, Profit, Number of Members This growth is inseparable from the SWOT analysis and marketing strategy used by BMT ItQan. This study aims to determine the marketing strategy of BMT ItQan in increasing the competitive advantage of the products being marketed. And to find out the marketing strategy of BMT ItQan products based on SWOT analysis. This study uses a qualitative approach. Sources of data in this study are primary data and secondary data. Primary data comes from the author's interview with BMT staff, while secondary data comes from BMT documents in the form of organizational structure, history of the establishment of BMT, vision and mission, goals, products and documentation. The results of the study using the SWOT Analysis method from Internal and External factors indicate that BMT ItQan Bnadung is in quadrant type I. (positive, positive) which is a very profitable position, the company has strengths and opportunities, because the strength factor is greater than the weakness factor it has. and the opportunity factor is also greater when compared to the threat factor faced so that it is able to compete with other financial institutions.

keywords : BMT ItQan, Marketing Strategy, SWOT Analysis


Keywords


BMT ItQan, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Adam, Panji, Fikih Muamalah Maliyah ( Konsep, Regulasi, Dan Implementasi) (Bandung: Refika Aditama, 2017)

Rangkuti, F, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006)

Mustofa, Imam, Fikih Muamalah Kontemporer (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016)

Naja, H. R., Hukum Kredit Dan Bank Garansi (Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2005)

Ridwan, M., Konstruksi Bank Syariah Indonesia (Yogyakarta: Pustaka SM, 2007)

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.31267

Flag Counter   Â