Analisis Strategi Pemasaran Syariah terhadap Bakar Uang pada Perusahaan E-Commerce (Studi Kasus Aplikasi Shopee)

Yuni Yulianti, Popon Srisusilawati, Intan Nurrachmi

Abstract


Abstract-As Muslims, we cannot be separated from muamalah activities. Buying and selling that is currently being carried out is transacting in e-commerce. Shopee is one of the e-commerce sites in Indonesia. To attract a lot of customers, Shopee burns money, which is where the company spends its capital and then it is given to consumers by providing very cheap prices, discounted prices to free shipping. Shopee burns money with the aim of growing consumer confidence by introducing Shopeepay to become an electronic payment method. So it is necessary to know the practice of burning money by Shopee so that it can be analyzed with Sharia marketing strategies. The method used is a library research approach, in a qualitative method. With the type of data used by the library. Primary data sources by conducting interviews and observations, and secondary data by reading existing literature. Data collection techniques by conducting observations, interviews and documentation. Analysis technique with interpretation and analysis. With the results of burning money, shopee aims to foster loyalty and trust. In view of the Sharia marketing strategy, this strategy may be carried out as long as the activity does not harm other parties, whether competitors or consumers. So you can burn money.

Keywords: Strategy, marketing, burn money

Abstrak-Sebagai muslim kita tidak akan bisa terlepas dari kegiatan muamalah. Jual beli yang saat ini sedang trend dilakukan yaitu bertransaksi di e-commerce. Shopee merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Untuk menggaet pelanggan yang banyak Shopee melakukan bakar uang, yaitu dimana perusahaan mengeluarkan modalnya lalu diberikan kepada konsumennya dengan memberikan harga yang sangat murah, potongan harga sampai gratis ongkos kirim. Shopee melakukan bakar uang bertujuan untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen dengan memperkenalkan Shopeepay untuk menjadi metode pembayaran elektronik. Sehingga perlunya mengetahui praktik bakar uang yang dilakukan Shopee sehingga dapat di analisis dengan strategi pemasaran Syariah. Metode yang digunakan pendekatan library research, dalam metode kualitatif. Dengan jenis data yang digunakan kepustakaan. Sumber data primer dengan melakukan wawancara dan observasi, dan data itu sekunder dengan membaca literatur yang sudah ada. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan interpretasi dan analisis. Dengan hasil bakar uang yang dilakukan shopee bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas serta kepercayaan. Dalam pandangan startegi pemasaran Syariah strategi tersebut boleh dilakukan selama kegiatan tersebut tidak merugikan pihak lain, baik pesaing ataupun konsumen. Maka boleh untuk melakukan bakar uang.

Kata Kunci: Strategi, pemasaran, bakar uang


Keywords


Strategi, pemasaran, bakar uang

Full Text:

PDF

References


Agung, Bintoro, Shopee Ungkap Alasan Telat ‘Bakar Uang’, CNN Indonesia, 2018 [accessed 15 July 2021]

Anggiawan, Ferry, ‘Pemanfaatan Digital Marketing PT Bukalapak Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Marketplace’, Pemanfaatan Digital Marketing PT Bukalapak Dalam Mengembangkan UMKM Melalui Marketplace, 2021

Burhan, Fahmi Ahmad, ‘GoPay Hingga OVO Kurangi Promosi, ShopeePay Gencar “Bakar Uang†- Fintech Katadata.Co.Id’, Katadata.Co.Id, 2020 [accessed 15 July 2021]

Desy Setyowati, ‘Strategi Shopee Dan Grab Rebut Pasar Indonesia Dari Gojek – Tokopedia - Startup Katadata.Co.Id’, Katadata.Co.Id, 2021 [accessed 2 August 2021]

Huda, Nurul, Khamim Hudori, Rizal Fahlevi, Dea Mazaya, and Dian Sugiarti, Pemasaran Syariah: Teori & Aplikasi (Kencana, 2017)

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, ‘Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Indonesia’ (Jakarta: PT. Prahallindo)

Madura, Jeff, ‘Pengantar Bisnis Edisi Keempat’, in 2 (jakarta: PT Salemba Empat)

Mubarok, Nurul, ‘Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista’, I-Economics: A Research Journal on Islamic Economics, 3.1 (2017), 73–92

Musyarri, Fazal Akmal, ‘Bahaya Strategi Bakar-Bakar Uang - Rewang Rencang’ [accessed 14 April 2021]

Pradana, M, ‘Klasifikasi Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Modus, 27 (2), 163’, 2016

Pradita, Lutfiana Ayu, Program Studi Akuntansi, and Fakultas Ekonomi, ‘Pengaruh Attitude , Subjective Norrms , Perceived Behavior Control , Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use , Dan Subsidy TERHADAP Minat Pengguna Financial Technology Pada E-Commerce’, 10.1 (2021), 9–23

Saidani, Basrah, Lisa Monita Lusiana, and Shandy Aditya, ‘Analisis Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang Pada Pelanggan Shopee’, JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10.2 (2019), 425–44

Srisusilawati, Popon, ‘Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan’, Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1.1 (2017), 1–18

Stanton, William, Prinsip Pemasaran (Jakarta: Erlangga, 1991)

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.31119

Flag Counter   Â