Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Jual Beli Anak Ayam Warna-Warni (Studi Kasus Pasar Kotakarang Bandar Lampung)

Ahmad Haris Pratama, Nanik Eprianti, Intan Nurrachmi

Abstract


Abstrak—Etika binis Islam ialah norma-norma etika yang berlandasan pada Al-Quran dan Hadist yang harus menjadi pedoman bagi seorang muslim dalam menjalankan bisnis. Meliputi prinsip dasar etika bisnis Islam yaitu kesatuan, keseimbangan, bebas berkehendak, tanggung jawab, dan kebenaran. Salah satu praktik dalam bisnis ialah jual beli anak ayam warna-warni di pasar Kotakarang Bandar Lampung, pada jual beli tersebut pedagang mewarnai anak ayam dengan pewarna makanan agar menarik minat pembeli. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui praktik jual beli anak ayam warna-warni di pasar Kotakarang Bandar Lampung dan mengetahui etika bisnis Islam pada jual beli anak ayam warna-warni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik jual beli anak ayam warna-warni dilakukan dengan memberikan pewarna pada tubuh anak ayam dimana kegiatan tersebut bertentangan dengan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare) serta pemberian pewarna kepada anak ayam termasuk tindakan yang dzalim dan tidak sesuai dengan syara sehingga tidak sesuai dengan etika bisnis Islam dan etika pedagang yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Kata Kunci—Etika Bisnis, Jual Beli, Anak Ayam.

Abstract—Islamic business ethics are ethical norms based on the Qur'an and Hadith that must be a guide for a Muslim in running a business. Covers the basic principles of Islamic business ethics, namely unity, balance, free will, responsibility, and benevolence. One of the business practices is the sale and purchase of colorful chicks at the Kotakarang market in Bandar Lampung, in which traders color the chicks with food coloring to attract buyers. The purpose of this study was to find out the practice of buying and selling colorful chicks at the Kotakarang market in Bandar Lampung and knowing Islamic business ethics in buying and selling colorful chicks. This study uses a qualitative method with a descriptive qualitative approach with the type of field research. Data collection techniques used are interviews, observation, and literature study. The results of this study indicate that the practice of buying and selling colorful chicks is carried out by giving color to the body of the chicks where this activity is against the rules of animal welfare and the provision of coloring to chicks is an act that is tyrannical and not by sharia so that it is not by business ethics. Islam and merchant ethics exemplified by the Prophet

Keywords— Ethics, Buying and Selling, Chicks


Keywords


Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Anak Ayam

Full Text:

PDF

References


A.Hassan. n.d. Terjemahan Bulughul Maram. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Adam, Panji. 2018. Fikih Muamalah Adabiyah. Bandung: PT Refika Aditama.

Agama, Kementerian. 2014. Al-Quran Dan Terjemah. Madina Raihan Makmur.

Amalia, Fitri. 2013. “Etika Bisnis Islam : Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil.†Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, no. 95: 119.

Aravik, H. Fakhry Zamzam dan Harvis. 2020. Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Sleman: Deepublish.

Erly Juliyanti. 2016. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam.†Jurnal Ummul Qura 7 (1): 65. https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v4i1.74.

Kamila, Mia. 2019. “Bahaya! Ayam Warna-Warni Tak Baik Untuk Kesehatan Anak.†Genpi.Co. 2019. https://www.genpi.co/gaya-hidup/30478/bahaya-ayam-warna-warni-tak-baik-untuk-kesehatan-anak.

Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga, and Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. “Melakukan Seleksi Dan Pengepakan Anak Ayam (DOC,†32–33.

Khoirunnisa, Sheila. n.d. “Wawancara Dengan Tenaga Kesehatan Hewan.†27 Mei 2021 Pukul 13.00 WIB.

Munib, Abdul. 2018. “HUKUM ISLAM DANMUAMALAH (Asas-Asas Hukum Islam Dalam Bidang Muamalah).†Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman 5 (1): 72–80. https://doi.org/10.31102/alulum.5.1.2018.72-80.

None. 2017. “Pengertian DOC Ayam Atau Ayam DOC (Day Old Chicken).†Sampul Pertanian. 2017. https://www.sampulpertanian.com/2017/05/pengertian-doc-ayan-atau-ayam-doc-day.html.

Sri Nawatmi. 2010. “ETIKA BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM.†Fokus Ekonomi (FE) 9 (1): 57.

Syaifullah, Syaifullah. 2014. “Etika Jual Beli Dalam Islam.†HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 11 (2): 371. https://doi.org/10.24239/jsi.v11i2.361.371-387.

Yunus, Muhammad, Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani, and Gusti Khairina Shofia. 2018. “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Akad Jual Beli Dalam Transaksi Online Pada Aplikasi Go-Food.†Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah 2 (1): 148. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i1.3363.

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.28677

Flag Counter