Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Melakukan Jasa Gesek Tunai Melalui Shopee PayLater Pada Marketplace di Aplikasi Shopee

An Nissa Nurkhalifah Sa'adiyah, Yayat Rahmat Hidayat, Arif Rijal Anshori

Abstract


Abstrak-Pada kondisi saat ini dengan adanya Covid-19 masyarakat kesulitan untuk mencari uang maupun pekerjaan dan mengalami perubahan dalam pendapatan sehingga adanya jasa gesek tunai membuat konsumen berminat untuk memanfaatkan saldo limit ShopeePayLater untuk dicairkan dengan uang tunai, sehingga mendorong keputusan konsumen memilih untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis masyarakat berperilaku dalam melakukan jasa gesek tunai melalui ShopeePayLater di aplikasi Shopee. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis data penelitian dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), dan teknik pengumpulan data mengunakan teknis analisis deskriptif. Hasil penelitian ini konsumen yang melakukan jasa gesek tunai online berdasarkan tipe konsumen muslim terdapat kecenderungan pada perilaku konsumen yang menggunakan jasa gesek tunai rata-rata konsumen yang memiliki sifat aphatis dan rationalist dimana konsumen melakukan penyalahgunaan ShopeePayLater karena memiliki nialai-nilai Islam yang rendah dan online shop yang melakukan bisnis jasa gesek tunai online tersebut adalah ilegal dan melanggar prinsip-prinsip etika bisnis Islam.

Kata Kunci:  Perilaku Konsumen Muslim, Gesek Tunai, ShopeePayLater

Abstract-On the current conditions with the Covid-19 community difficulties to find the money and a job and experience a change in income so that the absence of services providing cash to make the consumer interested to avail of the balance limit ShopeePayLater for thawed with cash, thus encouraging the consumer's decision to choose to satisfy the needs and desires of consumers. The purpose of this study is to analyze the community to behave in performing services cash swipe through ShopeePayLater in app Shopee. This research method using qualitative research, the data type of the research with the use of field research (field research), and data collection techniques using technical analysis descriptive. The results of this study consumer services providing cash online based on the type of muslim consumers, there is a tendency on the behavior of consumers who use the services of cash swipe the average consumer that has the properties of aphatis and rationalist where consumers do abuse ShopeePayLater because it has a value-the value of Islam that low and online shop that performs services business providing cash online is illegal and violates the principles of business principles of Islam.

Keywords: Behavior Of Muslim Consumers, Swipe Cash, ShopeePayLater


Keywords


Perilaku Konsumen Muslim, Gesek Tunai, ShopeePayLater

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Darussalam, 2006),

Khoiruddin, Etika Bisnis Dalam Islam, (Bandar Lampung: LP2M, 2015),

Muhammad, Ekonomi Mikro dalam Petspektif Islam, cet ke 1, (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2004)

Muhammad, Etika Bisnis Islam, (Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Menejemen Perusahaan YKPN)

Kotler Philip, Lane Kevin, Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1, (Jakarta: Erlangga, 2009)

Virdita Rizki, Ratriani, Syarat mengaktifkan dan cara membayar ShopeePayLater. September25,2020.https://personalfinance.kontan.co.id/news/syarat-mengaktifkan-dan-cara membayar-shopeepaylater?page=all (accessed Jini 20, 2021).

Pasetijo Ristiyanti, Lhalauw J.O.I Jhon, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2004)

Mardoni, Yosi Etika Bisnis dalam Perspektif Islam

Nurfikri, Ghina Safira., Febriadi, Sandy Rizki., Srisulisawati, Popon. Analisis Tingkat Pemahaman Pedagang Pakaian terhadap Etika Pemasaran Islam. Jurnal Riset Ekonomi Syariah, 1, 18-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.27892

Flag Counter