Pengaruh Literasi dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Makanan Kaki Lima di Universitas Islam Bandung

Imelda Putri, Eva Misfah Bayuni, Popon Srisusilawati

Abstract


Abstract. Of  the many Indonesians, most of the population is Muslim. This result in the Indonesian public’s mindset that the halal label is an important consideration in making purchasing decisions. Therefore, people also need to increase literacy or understanding about halal in a product that they will consume. The research method used is quantitative. The data sources are primary and secondary. The type of data is field data. The technique of using data using a questionnaire. The data analysis used multiple linear regression with the SPSS 25 test tool. The test used the F test, t test, and R test. The sample in this study were 73 students of the Faculty of Sharia at the Islamic University of Bandung.Based on the result of the research that has been done, it can be stated that the results of the study indicate that there is a simultaneous influence betwen literacy and religiosity on purchasing decisions with a significance.

Keywords: Literacy, Religiosity, Purchase Decision

Abstrak. Dari sekian banyaknya penduduk Indonesia, sebagian besar penduduknya beragama Islam. Hal ini mengakibatkan pola pikir masyarakat Indonesia beranggapan bahwa label halal merupakan suatu hal yang penting sebagai bahan pertimbangan untuk sebuah keputusan pembelian. Maka dari itu, masyarakat juga perlu meningkatkan literasi atau pemahaman tentang halal pada suatu produk yang akan dikonsumsinya. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Sumber data berupa primer dan sekunder. Jenis datanya ialah data lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan alat uji SPSS 25. Pengujian menggunakan uji F, uji t, dan uji R. Sampel dalam penelitian ini adalah 73 mahasiswa Fakultas Syari’ah di Universitas Islam Bandung.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan antara literasi dan religiusitas terhadap keputusan pembelian dengan yaitu signifikansi.

Kata Kunci: Literasi, Religiusitas, keputusan pembelian.

 


Keywords


Literasi, Religiusitas, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Daring, K. (n.d.). Literasi. Retrieved 15 Mei 15, 2020, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id

Dr., D. G. (2015). Administrasi Pembangunan. Bandung: Refika Aditama.

Kasiram, M. (2008). Metedologi Penelitian Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.

Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Pekalongan, 82.

Nasution, M. D. (2016). Hubungan Antara Religiusitas dan Pengambilan Keputusan Membeli Pangan Halal Dimoderasi oleh Presepsi Konsumen Atas Resiko. Jurnal Fakultas Ekonomi Bisnis Vol. 2 No. 2.

Nursidah, B. (2020, 4 22). Wawancara PKL du Universitas Islam Bandung. (I. Putri, Interviewer)

Srisusilawati, P. (2017). Kajian Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Mendorong Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Universitas Islam Bandung, 5.

Permadi, G. (2007). Pedagang Kaki Lima Riwayatmu, Dulu Nasibmu Kini. Jakarta: Yudhistira. [10] Salehudin, I. (2010). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 2.

Sopa. (2013). Sertifikasi Halal Majelis Ulama Indonesia: Studi atas Fatwa MUI terhadap Produk Makanan, Obat-obatan dan Kosmetika. Jakarta: GP Press

Shihab, M. Q. (2006). Menabur Pesa Ilahi: Al-Qur’an dan Dinamika Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Lentera Hati .

Tjiptono, F. (2014). Pemasarn Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian . Yogyakarta: CV. ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v7i1.24842

Flag Counter   Â