Tinjauan Etika Pemasaran dalam Islam pada Strategi Pemasaran Produk Herbal di Media Sosial

Rizqi Putri Nurafifah, N. Eva Fauziah, Nanik Eprianti

Abstract


Abstract. Online shop larasatyherbal.id is an online shop that sells herbal products from the Tiens health drug company. Herbal products themselves are an important requirement for every human being to help increase body immunity. Larasatyherbal.id in one of its marketing strategies admits that they act on behalf of doctors to increase the trust of potential consumers, but in reality they are not doctors but only distributors and sellers of herbal products. The purpose of this research is to find out the marketing strategy according to the principles of Islamic marketing ethics, to find out the marketing strategy at online shop larasatyherbal.id and to find out a review of Islamic marketing ethics on marketing strategies at online shop larasatyherbal.id The research method used is qualitative and data collection using field data. The data source used is primary data, obtained by interviewing the owner of the larasatyherbal.id Instagram account and secondary data from books or journals related to Islamic marketing ethics and Islamic marketing strategies. Data collection techniques are by means of interviews and documentation. The results of this study are a review of Islamic marketing ethics on marketing strategies in the Online Shop larsatyherbal.id in general, which are appropriate, namely being fair, being serving, keeping promises. There is only one principle that is incompatible, namely the principle of truth: benevolence and honesty in its promotional strategy. This is also not in accordance with the teachings of the Prophet where as a sharia marketer must be honest and avoid false promotions that can result in tyranny. 

Keywords: Islamic Marketing Ethics, Marketing Strategy

Abstrak. Toko Online larasatyherbal.id adalah online shop yang menjual produk herbal dari Perusahaan obat kesehatan Tiens. Produk herbal sendiri menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap manusia untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Larasatyherbal.id dalam salah satu strategi pemasarannya mengaku bahwa mereka mengatasnamakan sebagai dokter untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen, namun kenyataannya mereka bukan seorang dokter melainkan hanya sebagai distributor dan penjual produk herbal. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran menurut prinsip etika pemasaran Islam, untuk mengetahui strategi pemasaran di Online Shop larasatyherbal.id dan untuk mengetahui tinjauan etika pemasaran Islam pada strategi pemasaran di Online Shop larasatyherbal.id. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data menggunakan data lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer, diperoleh dengan mewawancarai owner dari akun Instagram larasatyherbal.id dan data sekundernya bersal dari buku ataupun jurnal yang berkaitan tentang etika pemasaran Islam dan strategi pemasaran Islam Teknik pengumpulan data dengan cara  wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tinjauan etika pemasaran Islam pada strategi pemasaran di Online Shop larsatyherbal.id pada umumnya sudah sesuai yaitu pada bersikap adil, bersikap melayani, menepati janji.  Hanya ada satu prinsip yang tidak sesuai, yaitu prinsip kebenaran: kebajikan dan kejujuran pada strategi promosinya. Hal ini juga tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah dimana sebagai marketer syariah harus bersikap jujur dan menghindari promosi palsu yang dapat mengakibatkan kedzaliman. 

Kata kunci:  Etika Pemasaran Islam, Strategi Pemasaran


Keywords


Etika Pemasaran Islam, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Muhammad, Etika Bisnis Islam, (Yogyakarta: UPP-AMP YKPN, 2004), h. 15.

Kuat Ismanto, Manajemen Syari’ah; Implementasi TQM dalam lembaga keuangan syari’ah, Yogyakarta: Pustaka pelajar, Halaman 41 30 Veithzal Rivai dan Andi Buchari, Islamic E

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasara (Jakarta: Erlangga, 2008),hal 3.

Mustafa Edwin Nasution, et. al., Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2014, hlm. 160.

Bukhari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, hlm. 340.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v7i1.24834

Flag Counter   Â