Pengaruh Persepsi dan Perilaku Masyarakat terhadap Minat pada Pembiayaan Mikro di Perbankan Syariah
Abstract
The research method used is quantitative. The data source is primary and secondary data. The data type is the field data obtained directly from the respondent. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Data analysis techniques using multiple linear regression analyses of data processing via SPSS software.
Based on the results of the regression test, the value of Thitung obtained is 0.456 whereas this = 1.987 which means that the perception has no significant effect on the interest of microfinancing. And consumer behaviour variables significantly affect the interest variables due to the results of consumer behavior of 5.141 whereas this = 1.987. The value of coefficient of determination amounted to 48.9% the remaining is 51.1% which is explained by other variables outside the model.
Keywords: contenation, consumer behaviour, interests, micro financing
Abstrak. Munculnya usaha-usaha kecil dan menengah tumbuh untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentunya akan memerlukan modal di dalam kegiatan operasionalnya.Salah satunya adalah produk pembiayaan mikro dari Bank Syariah untuk penambahan modal. Memunculkan minat seseorang mengambil pembiayaan diperlukan faktor yang mempengaruhi seperti faktor persepsi dan perilaku konsumen. Karena, apabila seseorang memiliki persepsi dan perilaku konsumen yang baik terhadap pembiayaan mikro di perbankan syariah maka memungkinkan akan timbul sebuah minat dalam diri untuk melakukan pembiayaan mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi dan perilaku masyarakat terhadap pembiayaan mikro di bank syariah secara parsial dan simultan.
Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Adapun jenis data ialah data lapangan yang diperoleh langsung dari responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda pengolahan data melalui software SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian regresi, diperoleh nilai thitung sebesar 0,456 sedangkan ttabel = 1,987 yang berarti bahwa persepsi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat pembiayaan mikro. Dan variabel perilaku konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat karena hasil thitung perilaku konsumen sebesar 5,141 sedangkan ttabel = 1,987. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar 48,9% sisanya yaitu 51,1% yang dijelaskan oleh variabel lain diluar model.
Kata Kunci : Persepsi, Perilaku Konsumen, Minat, Perbankan Syariah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antonio, M. S. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: Tazkia Cendekia.
Arifin, Z. (2017). Pengaruh Persepsi dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Pegawai Kantor Urusan Agama Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Surakarta: Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Assauri, S. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Irawan, S. d. (2001). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Ismail. (2010). manajemen perbankan. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Jannah, M. (2015). Miftahul Jannah, Analisis Mekanisme Pembiayaan Mikro Pada Bank BRI Syariah (Studi pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Gubeng Surabaya), . Surabaya: Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Univeristas Islam Negeri Sunan Ampel.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 3. Jakarta: Penerbit Indeks.
Kunto, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Marimin, A. (2015). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, 70-80.
Muhammad. (2014). Manajemen Dana Bank. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurcholifah, I. (2015). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Islam. Jurnal Of Islamic Studies, 70-80.
Pasal 19 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.
Purwokerto: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam LAIN.
Ritonga, I. (2015). Thesis (Undergraduate): Analisis Mekanisme Pembiayaan Mikro pada Bank BRI Syariah. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Robbins. (2003). Perilaku Organisasi Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Sunjoto, A. R. (2011). Strategi Pemasaran Swalayan Pamella dalam Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 45-58.
Wahyuni, K. T. (2013). Prosedur Penyelesaian Pembiayaan Mikro Bermasalah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Buleleng. Jurnal Riset Akuntansi, 3-8.
Wuisang, J. R. (2019). Konsep Kewirausahaan & UMKM. Sulawesi: Yayasan Makari Waya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.23759
  Â