Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan iB Tarbiyah di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung

Fitri Mulyani, Muhammad Yunus, Arif Rijal Anshori

Abstract


Abstract. Developments in existing savings products at BPRS Mitra Harmoni, iB Tarbiyah savings products have a greater amount compared to the overall amount in BPRS Mitra Harmoni, Bandung. Therefore, the bank must determine what strategies are suitable for increasing the amount and income of the BPRS Mitra Harmoni, Bandung. The purpose of this study was to study the marketing strategies of iB tarbiyah savings products in Islam at BPRS Mitra Harmoni, Bandung, as well as expenditures related to the marketing strategies of iB tarbiyah savings products in BPRS Mitra Harmoni, Bandung. This type of research uses field research using qualitative descriptive methods and also uses library research to complete the data. The research data collection was done by observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study it can be concluded that the marketing strategy undertaken by BPRS MH in Bandung in marketing the iB tarbiyaah savings product is by using the 4P marketing mix (marketing mix). Likewise with the existing sharia marketing strategy based on divinity, ethics, struggle. But there are still some challenges related to how to market the product.

 

Keywords: Marketing Strategy, iB tarbiyah Savings, Product Excellence, BPRS Mitra Harmoni Bandung

 

Abstrak. Perkembangan pada produk tabungan yang ada di BPRS Mitra Harmoni, produk tabungan iB Tarbiyah memiliki jumlah minat nasabah yang sedikit dibandingkan dari jumlah total keseluruhan nasabah yang ada di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung. Maka dari itu pihak bank harus menetapkan dengan strategi apa yang cocok untuk meningkatkan jumlah nasabah dan income bagi pihak BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan iB tarbiyah dalam Islam di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung, serta kendala-kendala yang terkait dengan strategi pemasaran produk tabungan iB tarbiyah di BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung. Jenis Penelitian ini menggunakan field research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan juga menggunakan penelitian kepustakaan guna melengkapi data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS MH Kota Bandung dalam memasarkan produk tabungan iB tarbiyaah yaitu dengan menggunakan cara bauran pemasaran 4P (marketing mix). Serta menggunakan strategi pemasaran syariah yang didalamnya berdasarkan ketuhanan, etis, realistis.Tetapi masih ada beberapa kendala terkait dengan cara memasarkan produk tersebut.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Tabungan iB tarbiyah, Keunggulan Produk, BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung


Keywords


Strategi Pemasaran, Tabungan iB tarbiyah, Keunggulan Produk, BPRS Mitra Harmoni Kota Bandung

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. (1999). Marketing. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana

Gitusudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.

Rachman, S. N. (2006). Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Reputasi Perusahaan Dan Asosiasi Merek Terhadap Kesuksesan Produk Baru Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Skripsi. ResearchGate, 25

Fujiawati, I. D. (2020, Juli 13). Strategi Pemasaran, Tabungan iB Tarbiyah, Profil Perusahaan BPRS MH Kota Bandung. (F. Mulyani, Interviewer)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22179

Flag Counter   Â