Efektivitas Penghimpunan Dana Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bandung dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA)

Nabila Syifa Fauzia, Zaini Abdul Malik, Yayat Rahmat Hidayat

Abstract


Abstract. The initial step that must be done in managing zakat is to maximize the collection of funds. The more fund raised, the more zakat funds are channeled to Mustahik. The collection of zakat by BAZNAS in Bandung Regency is not optimal and has not reached the determined target. This research was conducted to determine the effectiveness of zakat collection in the Bandung district basnas. The method used in this study is quantitative, the typpe of data used is primary data in the form of financial statement data sourced from BAZNAS Bandung regency, and secondary data in the form of laws, articles, and journals on zakat. In this study, there are two variables used, namely input variables consisting of operational costs, Personnel Costs and Promotional Costs while the output costs are zakat collection. The result showed that the collection of zakat carried out by BAZNAS Bandung regency every yyear has increased, Result of Analysis with the Data Envelopment Analysis (DEA) Method that in 2015-2016-2018 dan 2019. BAZNAS Bandung Regency experiendced a perfect efficient level of achieving a score of 100. While in 2017 experienced ineffeciencies due to high operational costs, Personnel Costs and Promotional Costs, Causing an Imbalance between these costs with the collection of zakat. This inefficiency can be overcome by setting the target according to the amount specified in the DEA efficienci calculaton.

Keywords: Effectiveness, Fund Raising, Data Envelopment Analysis (DEA)

Abstrak. Tahap awal yang harus dilakukan dalam pengelolaan zakat adalah memaksimalkan penghimpunan dana. Semakin banyak dana yang terhimpun, semakin banyak pula dana zakat yang tersalurkan kepada mustahik. Penghimpunan yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Bandung belum optimal dan belum mencapai target yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Penghimpuan zakat di BAZNAS Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer berupa data laporan keuangan yang bersumber dari BAZNAS kabupaten Bandung, dan data sekunder berupa Undang-undang, artikel, dan Jurnal tentang zakat. Dalam penelitian ini terdapat dua variable yang digunakan yaitu variable input yang terdiri dari Biaya Operasional, Biaya Personalia dan Biaya Promosi sedangkan biaya output yaitu Penghimpunan zakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa penghimpunan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS kabupaten Bandung setiap tahunnya mengalami kenaikan, Hasil Analisis dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) pada tahun 2015,2016,2018 dan 2019 BAZNAS mengalami tingkat efisien yang sempurna yaitu mencapai score 100. Sedangkan pada tahun 2017 mengalami inefisiensi dikarenakan tingginya biaya operasional, biaya personalia dan biaya promosi sehingga menyebabkan tidak seimbangnya antara biaya- biaya tersebut dengan penghimpunan zakat. Inefisiensi tersebut bisa di atasi dengan menetapkan target sesuai dengan besaran yang ditetapkan pada perhitungan efisiensi DEA.

Kata Kunci: Efektivitas, Penghimpunan Dana, Data Envelopment Analysis (DEA)


Keywords


Efektivitas, Penghimpunan Dana, Data Envelopment Analysis (DEA)

Full Text:

PDF

References


Ridwan M, Analisis Model Fundraising dan Distribusi Dana ZIS di UPZ Desa Wonoketingal Demak, Jurnal Penelitiaan Vol. 10 No. (2), 295- 321

Sondang P. (2001) Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Tim Republika, “Sudah Benarkah Pungutan ASN?†, diakses tanggal 04 April 2020 dalam https://m.republika.co.id/amp/p3u9nd282

Supriyono, Sistem Pengendalian Manajemen, Semarang: Universitas Diponegoro, 2000.

Sayyid Quthb, Fiqih Sunnah: Kitab Az-Zakah, Terj. Beni Sarbeni â€Panduan Zakatâ€, Bogor: Pustaka Ibnu Katsir, 2005.

April Purwanto, Manajamen Fundraising bagi Organisasi Pengelola Zakat, Yogyakarta: Sukses, 2009, hlm. 12

Ahmad Furqon, Manajemen Zakat, Semarang: CV Karya Abadi Jaya, 2015, hlm.36




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22147

Flag Counter   Â