Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasabah Unit Pegadaian Syariah Muaradua Sumatera Selatan

Nadia Ananda Syahranie, N Eva Fauziah, Popon Srisusilawati

Abstract


Pegadaian Syariah as one of the Islamic financial institutions engaged in services. Therefore, the pawnshop is required to always pay attention to the needs and desires of customers and try to meet customer expectations by providing quality services and products to customers. This study aims to determine; the effect of service quality on customer satisfaction of the Muaradua Syariah Pawnshop Unit, the effect of product quality on customer satisfaction of the Muaradua Syariah Pawnshop Unit, and the effect of service quality and product quality on customer satisfaction at the Muaradua Syariah Pawnshop Unit. The research method used in this study is a quantitative method. The technique in this study uses Probability Sampling, with a sample of 135 Muaradua Pawnshop Pawn Unit Customers, with data collection techniques using a questionnaire and documentation. Analysis of the data used is the validity test, reliability test, classic assumption test with data processing using SPSS software. The results of this study indicate that service quality and product quality have a positive and significant effect on customer satisfaction partially and simultaneously.

Keywords: Service, Product, Satisfaction



Pegadaian Syariah sebagai salah satu lembaga keuangan syariah yang bergerak dibidang jasa. Oleh karena itu, pegadaian dituntut untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan nasabah serta berusaha memenuhi harapan pelanggan dengan cara memberi layanan dan produk yang berkualitas kepada nasabah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Unit Pegadaian Syariah Muaradua, pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan nasabah Unit Pegadaian Syariah Muaradua, dan pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada Unit Pegadaian Syariah Muaradua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling, dengan Sampel 135 Nasabah Unit Pegadaian Syariah Muaradua, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan pengolahan data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas layanan dan kualitas produk  perpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah secara parsial dan simultan.

Kata Kunci : Layanan, Produk, Kepuasan



Keywords


Layanan, Produk, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Alif Galih, P., Ciptomulyo, U. S., & Achmadi, F. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna KASMDI KBS. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol.11, No.3 , 268.

Anggraeni, D. P. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) , 172.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasan. Jakarta: Erlangga.

Rukmanasari, F. (2017). Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Majapahit Semarang). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam , 31.

Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Tablus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol.2, No,1 , 25.

Veithzal Rivai, Z., (Dkk). (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahab, W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Kota Pekanbaru. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, Vol.2, No.1 , 5-6.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22124

Flag Counter   Â