Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembeli di Busana Muslim Umama Scarf
Abstract
One of the basic human needs is in the field of clothing, the need for clothing is one of the basic needs that must always be met. Therefore, as long as there are people, the business in the clothing sector will never lose the market.
This study aims to analyze the effect of price on the decision of the buyer of the Umama Scarf Muslim Clothing at Baltos Bandung. The method in this research uses quantitative methods because the data in this study are numbers and the analysis uses statistics. Quantitative research is a method for testing certain theories by examining the relationship between these variables measured by using research instruments so that the data consisting of numbers is analyzed based on statistical procedures.
This type of research used in this paper is descriptive verification, namely research that aims to find out how the influence of independent variables on the dependent variable. This verification research basically wants to test the truth of the hypothesis. What is categorized as a verification method according to Sugiyono is a research method that aims to determine the causal relationship between variables in a statistical calculation in order to obtain evidence that shows the hypothesis is rejected or accepted.
The data used are primary data obtained from 100 consumers of Umama Muslim Clothing Stores. The data processed in this study using multiple linear regression. Based on the results obtained by the regression equation Y = 14.534 + 0.531X, based on statistical data analysis data, the indicators in this study are valid and reliable variables. The classic assumption test, multicollinearity and heteroscedasticity did not occur and the data were normally distributed.
The results showed that the price had a significant effect on purchasing decisions. 25.1% and the rest are influenced by other variables not examined.
Â
Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah di bidang sandang, kebutuhan terhadap pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar yang akan selalu harus terpenuhi. Oleh karena itu selama masih ada manusia maka bisnis di bidang sandang, tidak akan pernah kehilangan pasar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembeli Umama Scarf Busana Muslim di Baltos Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena data pada penelitian ini berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian kuantitatif merupakan metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel- variabel tersebut diukur dengan menggunakan instrumen penelitian sehingga data yang terdiri angka-angka dianalisis berdasarkan prosedur statistika.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif verifikatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable independen terhadap variable dependen. Penelitian verifikatif ini pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari hipotesis. Yang dikategorikan sebagai metode verifikatif menurut Sugiyono adalah metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antar variable suatu perhitungan statistic sehingga didapat hasil pembuktian yang menunjukan hipotesis ditolak atau diterima.
Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 Konsumen Toko Busana Muslim Umama. Data yang diolah dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil diperoleh persamaan regresi Y = 14,534 + 0,531X , berdasarkan data analisis data statistic,indikator dalam penelitian ini valid dan variable reliable. Uji asumsi klasik , tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas serta data berdistribusi dengan normal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebesar 25.1 % dan sisanya dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak diteliti.
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
in, N. (2015). Pengaruh Citra Merk melalui Sikap Konsumen Terhadap niat Beli uang pada produk busana muslim zoya. Nurul Ain, 5.
Kotler, P. d. (2008). prinsip prinsip pemasaran jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lestari, A. (2016). pengaruh harga dan produk terhadap keputusan membeli produk elzatta. Ayu Lestari, 4.
Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen dan Komukasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Roselina, M. A. (2019).
Ananlisis Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasaan Konsumen . Mitha Alifia Roselina,
Syadza Idzni, I. H. (2019). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ditinjau dari Pemasaran Syariah. M.Anang. (2018). perilaku konsumen. deepublish.
Suktjo, S. B. (2007). Pengantar Bisnis Modern . Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Zainal, V. R. (2017). islamic marketing management. jakarta: bumi aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22120
  Â