Strategi Pengembangan Potensi Wisata Religi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Rita Mustika, Popon Srisusilawati, Shindu Irwansyah

Abstract


Abstract. Indonesia has a variety of tourism potentials. Tourism has important roles including increasing economic growth, improving people's welfare, removing poverty, and overcoming unemployment. Subang Regency has a great opportunity for religious tourism, a religious tourism in the tomb of Rd Aria Wangsa Goparana, but has not been developed. Religious tourism is a journey with the aim of gaining enjoyment, satisfaction and knowledge. Religious tourism can be to the mosque, grave of the great person, historic, leader, or figure. The purpose of this research is to analyse the development strategy of religious tourism potential and the impact of religious tourism in improving the community economy. The research method used is qualitative with the SOAR analysis method, which is the analysis of external internal factor identification. In this case the author of the Development Strategy analysis potential religious tourism. Based on the results of the study, the conclusion gained first, alternative strategy generated there are four strategies namely SA (Strength and Aspirations) strategy, OA strategy (Opportunities and Aspirations), SR strategy (Strength and Results), and Strategies OR (Opportunities and Results). Secondly, with religious tourism proved to be an increase in the number of SMES and reduced unemployment and the opening of new jobs around the area of tourist areas.

Key words: Sharia tourism, religious tourism, development strategy.

Abstrak. Indonesia memiliki potensi wisata yang beraneka ragam. Pariwisata mempunyai peran penting diantaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, dan mengatasi pengangguran. Kabupaten Subang memiliki peluang besar dalam wisata religi, yaitu wisata religi pada Makam Rd Aria Wangsa Goparana, namun belum begitu berkembang. Wisata religi merupakan perjalanan dengan tujuan mendapatkan kenikmatan, kepuasan serta pengetahuan. Wisata religi bisa ke mesjid, makam orang besar, bersejarah, pemimpin, atau tokoh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan Potensi wisata religi dan dampak wisata religi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode analisis SOAR yaitu analisis identifikasi faktor internal eksternal. Dalam hal ini penulis ngenganalisis strategi pengembangan potensi wisata religi. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang diperoleh pertama, Alternatif  strategi yang dihasilkan terdapat empat strategi yaitu strategi SA (Strength dan Aspirations), Strategi OA (Opportunities dan Aspirations), Strategi SR (Strength dan Results), dan strategi OR (Opportunities dan Results). Kedua, dengan adanya wisata religi terbukti terjadinya peningkatan jumlah UMKM dan berkurangnya pengangguran serta terbukanya lapangan pekerjaan baru di sekitar area tempat wisata. 

Kata Kunci: Pariwisata Syariah, Wisata Religi, Strategi Pengembangan.


Keywords


Pariwisata Syariah, Wisata Religi, Strategi Pengembangan, Analisis SOAR

Full Text:

PDF

References


A.J., M. (2010). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Bintarto. (1997). Buku Penuntun Geografi Sosial. Yogyakarta: UP Apring.

Budiono. (1992). Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta: PBFE.

David, F. R. (2006). manajement strategis:konsep. Jakarta: Salemba Empat.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: Balai Pustaka.

N, R. A. (2007). Ziarah Wali Spiritual Sepanjang Masa. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Nurnajamiddin, M. H. (2011). Manajemen Produksi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pendit, N. S. (2002). ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana .

Pendit, N. S. (2002). Ilmu Pariwisata, Sebuah pengantar perdana . Jakarta: Pradnya Paramita .

R, D. F. (2004). Manajemen Strategis Konsep-Konsep. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Salusu, J. (2003). Pengambilan Keputusan Strategi untuk Organisasi Publik dan Organisasi non Profit, Jakarta:J. Salusu, Pengambilan Keputusan Strategi untuk Organisasi Publik dan Organisasi non Profit. Jakarta: PT. Grasindo.

Santosa, E. D. (t.thn.). Pengembangan Objek Pariwisata Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Objek Wisata Banyu Biru Di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 89.

Spillane, J. J. (1987). Ekonomi Pariwisata. Yogyakarta: Kanisius.

Srisusilawati, P. (2020). Factors Affecting Tourist Interest On Sharia Tourism. Al;Uqud Journal of IslamicEconomic Vo. 5 No 2. Juli , 64.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22059

Flag Counter   Â