Analisis Perilaku Konsumen Muslim terhadap Pembelian Produk Halal pada Komunitas Teman Halal Bandung
Abstract
Abstract. Halal Friends is one community that focuses on discussing various matters relating to the issue of halal haram of a product, both from a scientific point of view and current issues, halal products themselves become an important requirement for every consumer. Any halal sector in the form of food, drinks, cosmetics, medicines, and finance starts to get its own place. Problem formulation: How is the behavior of consumers of Bandung halal friends community in consuming halal products. The purpose of knowing the consumption behavior of the Bandung Halal Community to purchase halal products and to analyze the behavior of Muslim consumers towards the purchase of halal products at the Bandung Halal Community. This research uses a descriptive method with a qualitative approach and type of field research. Data collection is used through questionnaires, observations, interviews, and literature study. The results of the research are, consumption behavior in Islam must be based on 5 principles of consumption in Islam, namely the principle of justice, the principle of simplicity, the principle of simplicity, the principle of generosity, and the principle of morality. But from the observation results of the awareness of Members of the Bandung Halal Community, only applying the principle of justice and the principle of morality
Â
Keywords: Muslim Consumer Behavior, Halal Products, Consumption in Islam.
Abstrak. Teman Halal merupakan salah satu komunitas yang fokus membahas beragam hal terkait dengan isu halal haram suatu produk, baik dari sudut pandang ilmiah maupun isu-isu beredar terkini, Produk halal sendiri menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap konsumen. Sector halal apapun baik berupa makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, hingga keuangan mulai mendapatkan tempat tersendiri. Rumusan masalah : Bagaimana perilaku konsumen anggota komunitas teman halal Bandung dalam mengkonsumsi produk halal. Tujuan mengetahui perilaku konsumsi Komunitas Teman Halal Bandung terhadap pembelian produk halal dan untuk menganalisis perilaku konsumen muslim terhadap pembelian produk halal pada Komunitas Teman Halal Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi pustaka.Hasil penelitianya adalah, perilaku konsumsi dalam Islam harus berlandaskan pada 5 prinsip konsumsi dalam Islam yaitu prinsip keadilan, prinsip kebersihan, prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati, dan prinsip moralitas. Namun dari hasil observasi kesadaran Anggota Komunitas Teman Halal Bandung hanya menerapkan prinsip keadilan dan prinsip moralitas.Â
Kata Kunci : Perilaku Konsumen Muslim, Produk Halal, Konsumsi dalam Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam. Magelang: Unimma Press.
Muflih, M. (2008). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Sunar'in. (2013). Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suprayitno. (2008). Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Malang: Uin Malang Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22046
  Â