Tinjauan Prinsip Etika Bisnis Islam pada Strategi Pemasaran di Restoran Royal Kashimura Bandung

Silma Nur Assifa, Titin Suprihatin, Nanik Eprianti

Abstract


Abstract. Royal Kashimura in his promotion claimed that the product is halal, but the fact is not yet registered on the LPPOM MUI Halal Product Shopping List Center as of September 2019 so the halal of this restaurant is unclear. The purpose of this research is to determine the marketing strategy according to the principles of Islamic business ethics, to find out the marketing strategy at the Royal Kashimura Restaurant in Bandung and to know the review of Islamic business ethics principles on the marketing strategy at the Royal Kashimura Restaurant in Bandung. The research method used is qualitative and data collection using field data. The data source used is primary data, obtained by interviewing the director of Royal Kashimura and secondary data, one of which is from the Islamic Ethical Perspective Business Ethics book by Abdul Aziz, M.Ag. Data collection techniques by observation, interview and documentation. Data analysis techniques by data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study review the principles of Islamic business ethics in the marketing strategy at Royal Kashimura is generally in accordance with the principles of unity, balance, free will and responsibility. There is only one principle that is incompatible, namely the principle of truth: virtue and honesty in its promotion strategy. This is also not in accordance with the teachings of the Prophet where as sharia marketers must avoid najasy transactions and quality tadlis that can result in tyranny.

Keywords: Islamic Business Ethics, Marketing Strategy, Truth.

Abstrak. Royal Kashimura dalam promosinya mengaku bahwa produknya halal, namun kenyataannya belum terdaftar di Daftar Belanja Produk Halal LPPOM MUI Pusat per bulan September 2019 sehingga kehalalan dari restoran ini belum jelas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran menurut prinsip etika bisnis Islam, untuk mengetahui strategi pemasaran di Restoran Royal Kashimura Bandung dan untuk mengetahui tinjauan prinsip etika bisnis Islam pada strategi pemasaran di Restoran Royal Kashimura Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pengumpulan data menggunakan data lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer, diperoleh dengan mewawancarai direktur Royal Kashimura dan data sekunder salah satunya dari buku Etika Bisnis Pesrpektif Islam karya Abdul Aziz, M.Ag. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini tinjauan prinsip etika bisnis Islam pada strategi pemasaran di Royal Kashimura adalah pada umumnya sudah sesuai yaitu pada prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas dan tanggungjawab. Hanya ada satu prinsip yang tidak sesuai, yaitu prinsip kebenaran: kebajikan dan kejujuran pada strategi promosinya. Hal ini juga tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah dimana sebagai marketer syariah harus menghindari transaksi najasy dan tadlis kualitas yang dapat mengakibatkan kedzaliman.

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Kebenaran.

 


Keywords


Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran, Kebenaran.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, N.H. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Aziz, A. (2013). Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Etika Islami Untuk Dunia Usaha. Bandung: Alfabeta.

Bayanuloh, I. (2019). Marketing Syari’ah, Yogyakarta: Deepublish.

Departemen Agama Republik Indonesia. (2015). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Surabaya: Fajar Mulya.

Depdiknas. (2003). Kamus Pelajar. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.

Fauroni, R. L. (2006). Etika Bisnis dalam Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Kartajaya, H & Sula, M.S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: mizan.

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawati, E. (2019, November 23). Simak, Begini Alur Proses Sertifikasi Halal Menurut BPJPH. Retrieved Februari 28, 2020, from https://nasional.tempo.co/read/1275694/simak-begini-alur-proses-sertifikasi-halal-menurut-bpjph.

Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia. (2019). Daftar Belanja Produk Halal LPPOM MUI Pusat. Jakarta: LPPOM MUI.

Nuryat, I., Fawzi, R & Eprianti, N. (2019). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktek Jual Beli Likes Instagram (Studi Kasus pada Akun Instagram @TokoPrinter_Bandung). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah. Vol. 5 No. 2.

Tukiman. Jujur. Retrieved April 10, 2020, from https://tukiman25.wordpress.com/jujur/

Zamzam, H. F & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Berbisnis Keberkahan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v6i2.22032

Flag Counter   Â