PENGARUH LAYANAN 3 IN 1 MASLAHAH (BRANCHLESS BANKING) TERHADAP PERTUMBUHAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) DAN EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL BANK PADA PT. BANK BJB SYARIAH

Nina Anggraeni, Zaini Abdul Malik, Susilo Setiyawan

Abstract


Sebagai upaya untuk memperluas akses layanan keuangannya, bank bjb syariah melakukan inovasi layanan jasa dengan konsep layanan bank tanpa kantor cabang (branchless banking). Branchless banking adalah jaringan distribusi yang digunakan untuk memberikan layanan finansial di luar kantor - kantor cabang bank melalui  pemanfaatan teknologi dengan biaya yang efektif, efisien dan dalam kondisi yang aman dan nyaman. Layanan tersebut dinamakan Layanan 3 In 1 Maslahah yang dipandang dapat meningkatkan pencapaian jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) serta sebagai upaya pengendalian biaya operasional bank dalam rangka mempercepat pertumbuhan bisnisnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) bank bjb syariah, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan tingkat biaya operasional bank antara sebelum dan setelah ada Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking), serta pengaruh Layanan 3 In 1 Maslahah terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan efisiensi biaya operasional bank. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan analisis data kuantitatif. Penulis melakukan pengujian hipotesis berdasarkan uji beda dua rata - rata saling bebas dengan menggunakan independent sampe t-test.

Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) terdiri dari Layanan Jemput Maslahah, Produk Card Maslahah dan Layanan Mobile Maslahah. Setelah ada layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking), rata - rata jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) mengalami peningkatan sebesar 60,67% dan rata - rata tingkat biaya operasional bank mengalami kenaikkan sebesar 69,32%. Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan efisiensi biaya operasional bank. Hal itu terjadi karena Layanan 3 In 1 Maslahah (branchless banking) banyak memberikan kemudahan kepada masyarakat sehingga mampu menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah bank bjb syariah. Sebagai upaya perluasan akses layanan keuangan bank bjb syariah, Layanan 3 In Maslahah mampu menekan biaya operasional bank jika dibandingkan dengan pendirian kantor - kantor cabang baru.


Keywords


Layanan, DPK, Biaya Operasional

References


A Hassan, Tarjamah Bulughul Maram Ibnu Hajar Al-`Asqalani, Diponegoro, Bandung, 2006.

Erna Rachmawati, “An Analysis of Factors Determining Mudaraba Deposits on Islami Bank in Indonesia Period 1993.I – 2003.IV Using Cointegration and Error Correction Mechanism Approachâ€, Thesis, Universitas Padjadjaran, Bandung, 2004.

Erol C. dan El-Bdour R., “â€Attitudes, Behavior, and Patronage Factors of Bank Customers towards Islamic Banksâ€, International Journal of Bank Marketing 7, 1989.

Materi Seminar Internet Banking di Banking Research and Regulation Directorate, Bank Indonesia, “Internet Banking: Implementasi & Tantangannya ke Depanâ€, 13 Agustus 2001.

Otoritas Jasa Keuangan, Branchless Banking : Mudahkan Nasabah, Untungkan Bank, (Online) (http://www.infokomputer.com/2015/04, 26 Juni 2015).

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2, PT. Prenhalimdo, Jakarta, t.th.

Septi Wulandari, “Analisis Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Total Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Umum Syariah di Indonesia (Studi pada Bank Umum Syariah Periode 2011-2013â€, Jurnal Ilmiah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, 2014.

Taswan, Manajemen Perbankan Edisi II, Upp Stim Ykpn, Yogyakarta, 2010.

Tim Penyususn Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III, Pusat Bahasa, Jakarta.

Yati Ruchiyati, Komunikasi Pribadi, bank bjb syariah, Divisi Corporate Secretary, Bandung, Indonesia, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1736

Flag Counter   Â