Analisis Etika Pemasaran Syariah Terhadap Praktik Salesman dalam Penjualan Produk di Toko Lugina Sukamelang Subang

Irham Maulana, Ifa Hanifia Senjiati, Encep Abdul Rojak

Abstract


Abstarct. A businessman expects the profit in every sales activity. Islam views this profit not only from obtained material amount but also based on Allah’s favor and blessing. Sharia marketing ethics is the principle marketing that runs its functions based on Islamic jurisprudences. The problem occurred is the salesman who makes a product sale in Lugina store, Sukamelang, Subang city. He adds some products that were not ordered by store’s owner.The aim of this study is to find out how does sharia marketing ethic work in product sale, to find out the sharia marketing ethic analysis on salesman practice in Lugina store’s product sale. This research uses qualitative method. The method of collecting data used is field research. It is done by observation, interview, and documentation study. The technique of analyzing data used is triangulation.The result of this study is that salesman should have the aspect of sharia marketing ethics to sell his product. He should have a spiritual personality, good personality and sympathy, being fair in business, serving costumers humbly, always keeping promises and avoiding fraud, honest and trustworthy, not detrimental , does not like to speak ill and does not make bribes. The aspects of sharia marketing ethics are still not done perfectly by salesman who sells his products at Lugina store, Sukamelang, Subang city. It is caused by violated sharia marketing ethics. They are the values of taqwa, siddiq, al'adl, tahfif and al amanah

Keywords : Sharia Marketing Ethics, Sales and Salesman

 

Abstrak. Pelaku usaha sangat mengharapkan keuntungan dalam setiap kegiatan penjualannya. Islam memandang keuntungan tidak hanya berasal dari jumlah materi yang didapat saja tetapi juga mendapat keberkahan dan keridhoan Allah. Etika pemasaran syariah adalah prinsip-prinsip pemasaran syariah yang menjalankan fungi-fungi pemasaran secara Islam. Permasalahan yang terjadi salesman yang melakukan penjualan produk di toko Lugina Sukamelang Subang melakukan penambahan produk yang tidak dipesan oleh pemilik toko Lugina Sukamelang Subang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana etika pemasaran syariah dalam penjualan produk, untuk mengetahui analisis etika pemasaran syariah terhadap praktik salesman dalam penjualan produk di toko Lugina Sukamelang Subang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif, dan pengumpulan data menggunakan metode field research (lapangan). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan yuridis empiris. Kesimpulan penelitian ini adalah aspek etika pemasaran syariah harus dimiliki oleh salesman dalam menjual produknya yaitu memiliki kepribadian spiritual, berkepribadian baik dan simpatik, berlaku adil dalam bisnis, melayani pelanggan dengan rendah hati, selalu menepati janji dan menghindari kecurangan, jujur dan terpercaya, tidak berburuk sangka, tidak suka menjelek-jelekkan dan tidak melakukan suap. Aspek etika pemasaran syariah masih belum dilakukan dengan sempurna oleh salesman yang melakukan penjualan produknya di toko Lugina Sukamelang Subang karena 4 salesman masih terdapat satu salesman yang tidak sesuai dengan etika pemasaran syariah, aspek yang dilanggar yaitu nilai takwa, shiddiq, al’adl, tahfif dan al amanah.

Kata kunci : Etika Pemasaran Syariah, Penjualan dan Salesman.


Keywords


Etika Pemasaran Syariah, Penjualan dan Salesman.

Full Text:

PDF

References


Asnawi, Nur, & Muhammad Asnan Fanani. (2017). Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, dan Isu-isu Kontemporer. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Kartajaya, Hermawan, & Muhammad Syakir Sula. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kotler, Philip, & Kevin Lane Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sopiah, & Etta Mamang Sangadji. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16670

Flag Counter   Â