Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ditinjau dari Pemasaran Syariah di 212mart

Syadza Idzni Indallah, Ifa Hanifia Senjiati, Popon Srisusilawati

Abstract


Abstract: A positive brand image will further allow consumers to make purchases and will increase sales volume.  212Mart Ciawitali is a Syariah minimarket brand which is a conversion from a conventional minimarket named Indomaret.  Sales volume declined after the Indomart minimarket was converted to 212Mart.  The purpose of this study was to determine whether there was any influence between brand image and purchasing decisions at 212Mart. The method used in this study is descriptive research with a quantitative approach that is data analysis using statistical tests in the form of simple regression.  The sampling technique uses non-probability sampling in the form of simple random sampling.  The data sources used are primary data, namely questionnaires and secondary data, namely books, journals, articles and other sources related to the research title. Based on the results of the study using the SPSS application there is no influence of brand image on purchasing decisions with a value of tcount (0.546) <ttable (1.66071) then Ho is accepted and Ha is rejected. The absence of influence is because the brand image does not especially ancourage costumer purchasing decision. Location factors can be a motivated cause for consumer to make purchasing decision because 212Mart Ciawitali is close to the tourist location of the Ciawitali Swimming Pool and is on the edge of the highway.

Keywords: Brand Image, Purchasing Decision, Sharia Marketing

Abstract: Citra merek yang positif akan lebih memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian dan akan meningkatkan volume penjualan. 212Mart Ciawitali merupakan brand minimarket Syariah yang merupakan konversi dari minimarket konvensional yang bernama Indomaret. Volume penjualan mengalami penurunan setelah minimarket indomart dikonversi menjadi 212Mart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara citra merek terhadap keputusan pembelian di 212Mart. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu analisis data menggunakan uji statistik berupa regresi sederhana. Teknik sampling menggunakan non-probability sampling berupa simple random sampling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yaitu buku, jurnal, artikel dan sumber lainnya yang berhubungan dengan judul penelitian.Berdasarkan hasil penelitian menggunakan aplikasi spss tidak terdapat pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (0.546) <  ttabel (1.66071) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Tidak adanya pengaruh disebabkan karena citra merek tidak secara khusus mendorong keputusan pembelian konsumen. Faktor lokasi dapat menjadi penyebab terdorongnya konsumen melakukan keputusan pembelian karena, 212Mart Ciawitali dekat dengan lokasi wisata kolam renang ciawitali dan berada di pinggir jalan raya.

Kata kunci: Citra Merek, Keputusan Pembelian, Pemasaran Syariah


Keywords


Citra Merek, Keputusan Pembelian, Pemasaran Syariah

Full Text:

PDF

References


Ayub, Muhammad. (2009). Understanding Islamic Finance.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Agama ( 2010). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: JABAL

Gunara,T & Utus H. (2008) Marketing Muhammad SA. Bandung : Madina Prima.

Kartini, T dkk. (2008). Minimarket Syariah: Sebuah Konsep Minimarket Peduli Umat. Artikel Ilmiah Universitas Negeri Semarang

Kertajaya, H & Muhammad S. S (2006). Syariah Marketing. Bandung : Mizan Pustaka

Kertajaya, H. (2004). Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: Mizan Media Utama

Kotler, Philip dan Amstrong (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Romadhoni, M. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY. Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogya.

Setiadi, J. N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Pranada Media

SriSusilawati, Popon dkk. (2019). “Tinjauan Pemasaran Islam terhadap Brand Image Elzatta Overview of Islamic Marketing for Elzatta's Brand Imageâ€, Jurnal Amwaluna,V.

Suryono (16 Maret 19). Volume Penjualan 212Mart. (Syadza Idzni, Interviewer)

Zainal, Veithzal dkk. ( 2017) Islamic Marketing (Mengembangkan Bisnis Dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah). Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16547

Flag Counter   Â