Tinjauan Nilai-Nilai Etika Pelayanan Islam terhadap Sistem Pelayanan Pasien di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur
Abstract
Â
Abstrak, Kebutuhan akan pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Selain dimensi komersial, pelayanan kesehatan pun memiliki dimensi sosial dan berorientasi kebaikan dalam etika Islam karena terdapat unsur atta’awun (tolong menolong). Hal ini pun yang mendasari sistem pembayaran jasa layanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kabupaten Cinajur dilakukan dengan cukup membaca ayat Alquran. Namun jika ditinjau dari nilai pelayanan Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, tentu kebijakan sistem pelayanan tersebut menimbulkan masalah ketika pasien yang tidak mampu membaca Al-Qur’an mendapat pelayanan yang tidak maksimal dari pihak klinik karena mendahulukan pelayanan kesehatan bukan dari sisi kemashlahatan atau kemudharatan yang dialami pasien. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis memfokuskan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ketentuan pelayanan kesehatan di lembaga pelayanan kesehatan publik menurut konsep pelayanan Islam, untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur dan untuk mengetahui tinjauan konsep pelayanan Islam terhadap pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu melakukan analisis pelaksanaan pelayanan kesehatan pada klinik Harapan Sehat Kabupaten Cianjur khususnya mengenai pembayaran jasa layanan kesehatan dengan membaca Al-Quran kemudian ditinjau menurut nilai-nilai etika pelayanan kesehatan dalam Islam.
Simpulan dari penelitian ini adalah, pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan pada Klinik Harapan Sehat tidak sesuai kriteria dari ketentuan pelayanan kesehatan menurut Islam karena adanya fenomena kekecewaan dari salah satu pasien mengenai sistem pelaksanaan pelayanan yang belum memenuhi nilai-nilai Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan yang harus diterapkan dalam memberikan pelayanan yang maksimal.
Kata Kunci : Etika, Pelayanan, Kesehatan, dan Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Bakri, Pelayanan Keshatan Islami, diposting [pada tanggal 5 Mei 2017. Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2017/05/05/menyoal-pelayanan-kesehatan-Islami. diakses pada tanggal 25 Juli 2018.
Christopher Lovelock dan Lauren K. Wright, Manajemen Pemasaran Jasa, Indeks, Jakarta, 2005 , Hlm. 55.
Depag RI, Op-Cit, Hlm.72.
Fandi Tjiptono, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Andi Offset, Yogyakarta, 2001 , Hlm. 82.
Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, 2006, Syariah Marketing, Bandung : Mizan, Hlm. 120 -122.
M. Napis Djuaeni, 2005, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Istilah Politik-Ekonomi, Bandung : Mizan, Hlm. 243.
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran,Edisi Millenium Jilid 1 dan 2, Prenhallindo, Jakarta, 2002 , Hlm. 167.
Wiku Adisasmito, 2012, Sistem Kesehatan Jakarta : Rajawali Pers, Hlm. 215
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16161
  Â