Tinjauan Nilai-Nilai Etika Pelayanan Islam terhadap Sistem Pelayanan Pasien di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur

Yusdi Maulana, Asep Ramdan Hidayat, Mohamad Andri Ibrahim

Abstract


Abstract, The need for health services is very important in community life. In addition to the commercial dimension, health services also have a social dimension and are well-oriented in Islamic ethics because there are elements of atta'awun (please help). This also underlies the payment system for health services at Harapan Sehat Clinic, Cinajur Regency, by simply reading the Qur'anic verses. But when viewed from the value of Islamic services that uphold the values of justice, of course the service system policy raises problems when patients who are unable to read the Qur'an receive services that are not optimal from the clinic because they prioritize health services not from the side of benefit or kemudharatan experienced by patients. Based on these problems, the authors focus the research with the aim to determine the provisions of health services in public health service institutions according to the concept of Islamic services, to determine the implementation and implementation of the health service system at Harapan Sehat Clinic in Casaan District, Cianjur Regency and to find out an overview of the Islamic ministry and the application of a health care system at Harapan Sehat Clinic in the Sub-District of Cilaku, Cianjur Regency. The research method used in the preparation of this study is to use qualitative analysis, which is analyzing the implementation of health services at Harapan Sehat clinic, Cianjur Regency, especially regarding payment of health services by reading the Koran and then reviewed according to the ethical values of health services in Islam. The conclusions of this study are that the implementation and implementation of a health care system at Harapan Sehat Clinic has not met the criteria of the provisions of health services according to Islam because of the phenomenon of disappointment from one patient regarding the service delivery system that has not fulfilled Islamic values that must be applied in providing services the maximum.  

 

Keywords: Ethics, Service, Health, and Islam

 

 

Abstrak, Kebutuhan akan pelayanan kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Selain dimensi komersial, pelayanan kesehatan pun memiliki dimensi sosial dan berorientasi kebaikan dalam etika Islam karena terdapat unsur atta’awun (tolong menolong). Hal ini pun yang mendasari sistem pembayaran jasa layanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kabupaten Cinajur dilakukan dengan cukup membaca ayat Alquran. Namun jika ditinjau dari nilai pelayanan Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, tentu kebijakan sistem pelayanan tersebut menimbulkan masalah ketika pasien yang tidak mampu membaca Al-Qur’an mendapat pelayanan yang tidak maksimal dari pihak klinik karena mendahulukan pelayanan kesehatan bukan dari sisi kemashlahatan atau kemudharatan yang dialami pasien. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis memfokuskan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ketentuan pelayanan kesehatan di lembaga pelayanan kesehatan publik menurut konsep pelayanan Islam, untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur dan untuk mengetahui tinjauan konsep pelayanan Islam terhadap pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur.

Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu melakukan analisis pelaksanaan pelayanan kesehatan pada klinik Harapan Sehat Kabupaten Cianjur khususnya mengenai pembayaran jasa layanan kesehatan dengan membaca Al-Quran kemudian ditinjau menurut nilai-nilai etika pelayanan kesehatan dalam Islam.

Simpulan dari penelitian ini adalah, pelaksanaan dan penerapan sistem pelayanan kesehatan pada Klinik Harapan Sehat belum sesuai kriteria dari ketentuan pelayanan kesehatan menurut Islam karena adanya fenomena kekecewaan dari salah satu pasien mengenai  sistem pelaksanaan pelayanan yang belum memenuhi nilai-nilai Islam yang harus diterapkan dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

                                                                         

Kata Kunci : Etika, Pelayanan, Kesehatan, dan Islam.


Keywords


Etika, Pelayanan, Kesehatan, dan Islam.

Full Text:

PDF

References


Wiku Adisasmito, 2012, Sistem Kesehatan Jakarta : Rajawali Pers, Hlm. 215

Hermawan Kartajaya dan Muhammad Syakir Sula, 2006, Syariah Marketing, Bandung : Mizan, Hlm. 120 -122.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran,Edisi Millenium Jilid 1 dan 2, Prenhallindo, Jakarta, 2002 , Hlm. 167.

Fandi Tjiptono, Prinsip-prinsip Total Quality Service, Andi Offset, Yogyakarta, 2001 , Hlm. 82.

Christopher Lovelock dan Lauren K. Wright, Manajemen Pemasaran Jasa, Indeks, Jakarta, 2005 , Hlm. 55.

M. Napis Djuaeni, 2005, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Istilah Politik-Ekonomi, Bandung : Mizan, Hlm. 243.

Depag RI, Op-Cit, Hlm.72.

Ahmad Bakri, Pelayanan Keshatan Islami, diposting [pada tanggal 5 Mei 2017. Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2017/05/05/menyoal-pelayanan-kesehatan-Islami. diakses pada tanggal 25 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.13997

Flag Counter   Â