Tinjauan Pemasaran Islam terhadap Brand Image Elzatta

Fani Aprilianti, Amrullah Hayatudin, Popon Sri Susilawati

Abstract


Abstract. Islamic marketing is all forms of activities from the process of creation and offering that are in accordance with Islamic law. Elzatta is one of the leading producers of hijab in Indonesia. In marketing its products, Elzatta always uses a variety of media involving an Citra Kirana artist as Elzatta's brand ambassador. The formulation of the problem of this research is how the brand image in Islamic marketing is determined, how the implementation of the brand image in Elzatta, and how Islamic marketing reviews the Elzatta brand image. The purpose of this study is to answer the problem statement above. The method used in this research is qualitative method. Data collection techniques used are interviews, documentation and literature. The type of research used is field research. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results of the study show that, in Islamic marketing, the brand image must fulfill 5 Key Success Factors (KSF), namely Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh, Istiqomah. Elzatta has won the Citra Kirana artist who has not used hijab as a brand ambassador. The brand image obtained by Elzatta through the Citra Kirana artist is not in accordance with one of the Key Success Factors, Istiqomah, because the brand image that Elzatta has in fact has not set himself istiqomah to wear hijab in his daily life.

Keywords: Islamic Marketing, Brand Image, and Elzatta.

Abstrak. Pemasaran Islam merupakan segala bentuk kegiatan dari proses penciptaan dan penawaran yang sesuai syariat Islam. Elzatta merupakan salah satu produsen hijab ternama di Indonesia. Dalam memasarkan produknya, Elzatta senantiasa menggunakan berbagai media yang melibatkan seorang artis Citra Kirana sebagai brand ambassador Elzatta.  Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana ketentuan brand image dalam pemasaran Islam, bagaimana pelaksanaan brand image di Elzatta, dan bagaimana tinjauan pemasaran Islam terhadap brand image Elzatta. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah di atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa, di dalam pemasaran Islam, brand image harus memenuhi 5 Key Success Factors (KSF) yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh, Istiqomah. Elzatta mendaulat artis Citra Kirana yang belum menggunakan hijab sebagai brand ambassador. Brand Image yang didapat oleh Elzatta melalui artis Citra Kirana tidak sesuai dengan salah satu  Key Success Factors yaitu Istiqomah, karena brand image yang dimilik oleh Elzatta sejatinya belum menetapkan diri istiqomah memakai hijab dalam kesehariannya.

Kata Kunci: Pemasaran Islam, Brand Image, dan Elzatta

 


Keywords


Pemasaran Islam, Brand Image, dan Elzatta

Full Text:

PDF

References


Al-Arif, Rianto, (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeth.

Amrin, Abdullah, (2006). Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an Terjemahan Tafsir Perkata. Bandung: Sygma Publishing.

Hasan dan Ali, (2010). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Buku I, cetakan kedua. Yogyakarta: CAPS.

Muhammad Syakir Sula, (2004). Asuransi Syariah, Jakarta: Gema Insani Press.

Ratih, Modul Pemasaran Perbankan Syariah,Universitas Islam Bandung 2016.

Tjiptono, (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widjaja, Bernard, (2010). Paradigma Baru Pemasaran Bisnis Jasa & Lifestyle. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.13764

Flag Counter   Â