ANALISIS PENERAPAN PRINSIP - PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI BANK BJB SYARIAH

Rifki Kurnia, Neneng Nurhasanah, Nurdin Nurdin

Abstract


GCG merupakan serangkaian mekanisme yang merefleksikan suatu struktur pengelolaan perusahaan yang menetapkan distribusi hak dan tanggungjawab diantara berbagai partisipan di dalam perusahaan. Untuk mengoptimalkan penerapan Good Corporate Governance terdapat ketaatan prinsip – prinsip yang harus dijalankan. Bank BJB Syariah Pusat saat ini telah menjalankan prinsip tersebut namun belum sepenuhnya sesuai, dilihat dari indikator – indikator hasil Self Assesment yang nilainya dikatakan masih kurang.

Berdasarkan latarbelakang tersebut maka dapat ditarik rumusan masalah yaitu : Bagaimana penerapan Good Corporate Governance di Bank Syariah? Bagaimana penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di Bank BJB Syariah? Bagaimana analisis penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di Bank BJB Syariah?

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Good Corporate Governance di Bank Syariah, untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di bank BJB Syariah pusat, untuk mengetahui bagaimana analisis prinsip – prinsip Good Corporate Governance di bank BJB Syariah pusat.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu penelitian yang menguraikan kondisi yang ada dan memberikan analisis terhadap fenomena tersebut. Dalam hal ini meneliti penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di Bank BJB Syariah. Tehnik penelitian ini menggunakan kualitatif meninjau sejauh mana penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di Bank BJB Syariah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pelaksanaan Good Corporate Governance perbankan syariah berlandaskan pada 5 prinsip dasar : Transparansi, Akuntabilitas, Pertanggungjawaban, Profesional, Kewajaran.Penerapan prinsip – prinsip Good Corporate Governance di Bank BJB Syariah mangacu pada keputusan yang dikeluarkan oleh PBI, Peraturan OJK, SEBI, Surat Edaran OJK, dan SK Direksi yang hasil dari penerapan tersebut dijelaskan dalam laporan GCG tahunan Bank BJB Syariah tahun 2013.Bank BJB Syariah Pusat menerapkan lima prinsip GCG sebagai berikut : Bank BJB Syariah Pusat telah menyediakan informasi secara tepat, jelas, akurat; Akuntabilitas pada Bank BJB Syariah Pusat cukup baik dan diwujudkan dengan kejelasan mengenai tanggung jawab yang mewajibkan semua karyawan melakukan aktivitasnya sesuai dengan job description-nya; Bank BJB Syariah Pusat memastikan informasi yang diberikan atas laporan keuangan dapat berguna; Bank BJB Syariah Pusat tidak terpengaruh oleh campur tangan politik dan berjalan secara independen; Bank BJB Syariah Pusat telah memastikan pelaksanaan efektifitas audit ekstern memenuhi ketentuan.


Keywords


PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE BANK SYARIAH

References


Amiur Nuruddin, Veithzal Rivai, Islamic Business and economic Ethic ( Jakarta : BumiAksara, 2012 )

Bogdan & Biklen. Moleong. 2005

Committe of the United Kingdom (1999)

Hassan, M.K. &Mahlknecht, M. Islamic Capital Market editor. 2002

Keaseydan Wright. Sayidah corporate governance. 2007

Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3. Erlangga. Jakarta. 2009

Mardani., Fiqh Ekonomi Syariah: FiqhMuamalah. (Jakarta: Kencana. 2012)

Mohammad Nazir , Metode Penelitian (Bogor : Ghalia Indonesia,1983).

Monks, Robert A.G. and Minow, Nell. Corporate Governance. 2003

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Rajawali Press, Jakarta, 2008.

Muqorobin Masyudi. , Fikih Tata KelolaOrganisasiLaba: SebuahPengantar (UniversitasMuhammadiyah : Purwekerto)

Sedarmayanti. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) dan Good Corporate Governance (Tata Kelola Perusahaan yang Baik); BagianKetiga. CV.MandarMaju. Jakarta. 2007

Sekaran, Uma. Metodelogipenelitianuntukbisnis. Buku I. Edisi IV. Jakarta: salemba, 2006.

Tri Gunarsih. “Struktur Kepemilikan Sebagai Salah Satu Mekanisme Corporate Governance.†KompakNomor 8. 2003

Umar M. Chapra. Islam and Economic Challenge. 2002




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1154

Flag Counter   Â