PENGARUH PELAKSANAAN KEGIATAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI PT ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG BANDUNG

Fajri Fadli, Neneng Nurhasanah, Nunung Nurhayati

Abstract


Kemunculan asuransi syariah sebagai organisasi yang relatif baru menimbulkan tantangan besar. Sebagai lembaga keuangan syariah, PT Asuransi Takaful Keluaraga Cabang Bandung selain harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah, juga harus bisa mengembangkan kegiatan bisnisnya sehingga tujuan didirikannya asuransi syariah bisa tercapai. Karena salah satu kendala perkembangan bisnis asuransi yang di alami berbagai lembaga asuransi adalah  tidak diiringi dengan pemahaman publik tentang nilai-nilai syariah dan image lembaga asuransi itu sendiri yang masih disamakan dengan asuransi konvensional. Salah satu upaya yang dilakukan manajemen PT Asuransi Takaful Keluarga untuk membentuk image atau citra perusahaan sebagai salah satu lembaga asuransi yang berintegritas adalah dengan mengadakan kegiatan CSR. Pelaksanaan CSR di PT Asuransi Takaful Keluarga tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk dapat memenangkan persaingan dalam industri melalui pembentukan persepsi di benak konsumen sebagai perusahaan dengan image atau ‘citra’ yang baik, peduli pada lingkungan dan masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan manajemen PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung, untuk mengetahui citra perusahaan PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung dalam perspektif peserta asuransi dan bagaimana pengaruh pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan manajemen PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung terhadap citra perusahaan.

Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan manajemen PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung dibagi menjadi dua kategori yaitu kegiatan social dan dakwah. Citra perusahaan PT Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung memiliki citra baik dimata konsumen dan cenderung survive pada masa krisis serta tetap eksis sebagai salah satu lembaga asuransi syariah di Indonesia. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Pelaksanaan CSR terhadap variabel Citra Perusahaan di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bandung.

 


Keywords


Corporate Social Responsibility (CSR), PT Asuransi Takaful Keluaraga Cabang Bandung

References


Dewi, Kinorika. Corporate Social Responsibility dan Pengaruhnya pada Good Corporate Image, Jurnal Ekonomi Janavisi, 10 2007.

Hasan Ali. Asuransi dalam Perspektif Hukum Islam, Suatu Tinjauan Analilsis Historis dan Praktis, Ed. Pertama, Cet. Kedua. Kencana, Jakarta, 2004.

Masri Singarimbun, Metode Penelitian, Erlangga, Jakarta, 2000.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Erlangga Jakarta, 2005.

Suharsimi Arikunto, Pengantar Metode Penelitian Bisnis, Pustaka Setia, Bandung, 2003.

Yosal Irianta, Community Relations: Konsep dan Aplikasinya, Simbiosa Rekatama, Bandung, 2004.

http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2014/09/13/tantangan-asuransi-syariah-687755.html

http://www.waspadamedan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=38375:arah-perkembangan-asuransi-syariah&catid=59:opini&Itemid=215




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1146

Flag Counter   Â