PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN KOMPLAIN TERHADAP KINERJA PELAYANAN ( STUDI KASUS PADA NASABAH DI BANK BJB SYARIAH KCP KARAWANG)

Anita Ratna Komala, Asep Ramdan Hidayat, Sri Suwarsi

Abstract


Kualitas Manajemen Komplain adalah Suatu Kondisi sistem yang dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang digunakan untuk memonitoring sikap dan kepuasaan para pelanggan, penyalur dan partisipan lain dalam sistem pemasaran sehingga manajemen dapat mengambil langkah yang lebih cepat untuk menyelesaikan masalah, diharapkan dengan semakin baiknya kualitas manajemen komplain maka dapat meningktakan kinerja pelayanan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kusioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi sederhana, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Manajemen Komplain terhadap Kinerja Pelayanan di BJB Syariah KCP Karawang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pelaksanaan Kualitas Manajemen Komplain dinilai tinggi oleh nasabah dengan total skor kumulatif sebesar 2373. Kemudian Tingkat Kinerja Pelayanan juga tinggi dilihat dari total skor kumulatif sebesar 2206. Pelaksanaan Kualitas Manajemen Komplain mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pelayanan di Bank BJB Syariah KCP Karawang. Ini berdasarkan pada analisis kuantitatif yang menghasilkan nilai t hitung (9,649) > dari t tabel (2,01669) dan Probabilitas 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh Kualitas Manajemen Komplain yang apabila indikatornya mengalami kenaikan bobot nilai dapat mempengaruhi kinerja pelayanan sebesar 68,4%. Kemudian sisanya sebesar 31,6% perubahan yang terjadi pada variabel Y atau kinerja pelayanan disebabkan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Kualitas Manajemen Komplain, Kinerja Pelayanan, BJB Syariah

References


Ahmad Ibrahim Abu Sinn, Manajemen Syariah, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2008.

Ali Hasan, Marketing, 2008, Yogyakarta : Media Pressindo

Ali Hasan, Marketing Bank Syariah , 2010, Bogor : Ghalia Indonesia.

Anne Fatma, “Intensi Komplain Konsumen diitnjau dari sikap asertivitasnyaâ€, Talenta Psikologi, Volume 1 No.1, 2012

Basu Swasta dan T. Hadi Handoko, Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta, 2000.

Dorothea Wahyu Ariani, Manajemen Kualitas sisi Kualitatif, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Andi Yogyakarta, Yogyakarta, 2004.

Fandy Tjiptono, Manajemen Pengaduan (Komplain), Andi Offset, Yogyakarta, 2009.

Frieda Ellena, Analisis Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah , 2007.

H. Djaslim Saladin, Manajemen Pemasaran, CV. Agung Ilmu, Bandung, 2010.

Harper W. Boyd Jr. (dkk), Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Startegis Dengan Orientsi Global, Jilid 1, Edisi kedua, Alih Bahasa Imam Nurmawan, Erlangga, Jakarta, 2000.

Hermawan Kartajaya, Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2005.

Husain Umar, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2005.

Husain Umar, Metodelogi Penelitian Aplikasi dalam Pemasaran, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2000.

Ivonne Wood, Layanan Pelanggan, 2009, Yogyakarta: Graha Ilmu.

J. Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta ,Jakarta, 1997.

Mohammad Nazir, Metode Penelitian, Cetakan kelima, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah, Ekonista, Yogyakarta, 2005.

Muhammad, Metodelogi Penelitian Ekonomi Islam, Rajawali Press, Jakarata, 2008.

M. Napis Djunaedi, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Politik-ekonomi, Mizan, Bandung, 2005.

Nina Rahmayanti, Manajemen Pelayanan Prima, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013

Philip Kotler dan Gary Armstrong, Dasar-dasar pemasasran, jilid 1, edisi kesembilan, PT. Indeks Gramedia, Jakarta, 2003.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga belas, Jilid Satu, Terjemahan Bob Sabran, Erlangga, Jakarta, 2009.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Marketing Management, Pearson Education, 14th Edition, USA, 2012.

Sofyan Assauri, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi, CV Rajawali, Jakarta, 2004.

Sugiyono (et.all), Metode Penelitian Ilmiah, PT Grafindo, Jakarta, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, CV. Alfabeta, Bandung, 2009.

Suharsimi Arikunto, Metode penelitian, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

Sunarto, Prinsip-Prinsip Pemasaran, UST Press, Yogyakarta, 2004.

Wilfridus B. Elu, dan Dewi Anggraeni, “Manajemen Komplainâ€. Journal , Finance & Banking, Vol. 6, No. 2, Desember 2004; 109-130

William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2004.

W. D. Alan.2004. “A Reconceptualisation of the satisfaction-service performance thesis. Journal Of Service Marketing, Hal 471-481

Zulian Yamit, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisia, Jakarta, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1139

Flag Counter   Â