KAJIAN KOMUNIKASI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH TABUNGAN QURBAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KCU DAGO

Disya Nurul Hikmah, neneng nurhasanah, ratih tresnati

Abstract


Menurut Philip Kotlerdan Kevin Lane Keller(2012), sebagai berikut: Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang mereka jual. Fakta dilapangan kebalikannya, dimana halnya terjadi di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Utama Dago Bandung komunikasi pemasaran belum mampu meningkatkan jumlah rekening tabungan qurban seperti yang diharapkan

Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan masalah berikut: Bagaimana pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Syariah di Bank Syariah Mandiri KCU Dago ? Berapa jumlah biaya Komunikasi Pemasaran dan Nasabah Tabungan Qurban di Bank Syariah Mandiri KCU Dago? Bagaimana Komunikasi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Rekening Tabungan Qurban ?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan studi kepustakaan, penelitian lapangan dengan cara wawancara dan dokumenter. Data yang dilakukan yaitu berupa data primer dan sumber data didapat daro Kepala Funding.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)Pelaksanaan komunikasi pemasaran syariah yang telah dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri KCU Dago meliputi Personal selling, Event & experience sudah baik. Hal ini terlihat dari berjalannya komunikasi pemasaran syariah sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sedangkan elemen brosur, sales promotion dan publisitas masih terlihat kurang baik, hal ini dikarenakan kurang maksimalnya penggunaan alat komunikasi pemasaran syariah. (2) Biaya promosi yang dikeluarkan BSM KCU Dago menurun, namun tidak mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah tabungan qurban di Bank Syariah Mandiri KCU Dago, jadi biaya promosi tidak dapat mempengaruhi jumlah nasabah tabungan qurban, sedangkan promosi dapat meningkatkan jumlah nasabah tabungan qurban. Adapun jumlah nasabah dalam periode tahun 2011 dan 2012 jumlah biaya komunikasi pemasaran menurun tetapi jumlah nasabah tetap meningkat dan tidak mempengaruhi biaya komunikasi pemasaran. (3)Komunikasi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Qurban di Bank Syariah Mandiri KCU Dago mampu mendorong peningkatan jumlah nasabah.

 

 


Keywords


Komunikasi Pemasaran Syariah, Meningkatkan Jumlah Nasabah

References


Herman Kartajaya dan M. Syakir Sula. 2006. Syariah Marketing. (Bandung: Mizan)

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. 2009. Jakarta: Erlangga. Edisi 13. Jilid 2.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. Marketing Manajemen. 2006. Pearson International Edition. Twelfth Edition. New Jersey: Pearson Education International, Inc.

Indriyo Gitosudarmo. (2000). Manajemen Pemasaran edisi pertama. Yogyakarta: BPFE




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1138

Flag Counter   Â