PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA PERBANKAN SECARA ONLINE MELALUI INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP RANCAEKEK

Siti Rohmah Koswara, Zaini Abdul Malik, Nurdin Nurdin

Abstract


Persaingan bisnis perbankan pada saat ini ditandai dengan banyaknya jenis produk perbankan yang baru dan ditawarkan kepada nasabah sehingga hal tersebut mengakibatkan meningkatnya kesadaran nasabah untuk memilih berbagai macam pelayanan, fasilitas dan kualitas produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Dalam hal ini Bank Syariah Mandiri berusaha mengeluarkan produk dan layanan jasa yang lebih spesifik agar dapat memberikan kepuasan yang maksimal bagi para nasabahnya dan juga menjaring konsumen lebih luas. Salah satu produk jasanya adalah Internet banking atau dikenal istilah BSM Net Banking. BSM Net banking merupakan layanan informasi dan transaksi yang mobile dan fleksibel, 24 jam sehari dimana nasabah dapat melakukan transaksi dan mengakses informasi melalui fasilitas internet. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, dan pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan internet banking di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, mengetahui loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, mengetahui pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dengan wawancara terhadap karyawan Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek, memberikan kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Rancaekek yang menggunakan internet banking sebanyak 100 responden serta menggunakan beberapa pedoman buku. Teknik analisa data yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi dan uji hipotesis.

Hasil penelitian yang didapat bahwa kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking di BSM KCP Rancaekek dinilai baik. Loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP rancaekek dinilai tinggi, dan pengaruh kualitas layanan jasa perbankan secara online melalui internet banking dinilai cukup kuat karena dilihat dari t hitumg > t table, yaitu 4,942 > 1,661 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan internet banking dengan loyalitas nasabah.


Keywords


Kualitas Layanan Internet Banking, Loyalitas Nasabah

References


Abulhasan M. Sadeq, Quality Management in the Islamic Framework, Leeds Publication, Kuala Lumpur, 2005.

Didin Hafiduddin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah Dalam Praktik, Gema Insani Press, Jakarta, 2003.

Fandy Tjiptono, Manajemen jasa, Andi, Yogyakarta, 2004.

, Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta, 2006.

Haryanto Al-fandi, Etika Bermuamalah Berdasarkan Al-Qur’an dan Sunna, Amzah, Jakarta, 2011.

Hermawan Kertajaya dan M.Syakir Sula, Syariah Marketing, Mizan, Jakarta, 2006.

Jill Griffin, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Edisi Revisi dan Terbaru, Erlangga, Jakarta, 2005.

Joseph P. Cannon, Willian D. Perreault, Jr., E. Jerome McCarthy, Pemasaran Dasar : Pendekatan Manajerial Global, Edisi 16, Salemba Empat, Jakarta 2008.

Lovelock, Christopher, Service Marketing InAsia, Prentice Hall Inc Singapore, 2002.

Muhammad Abduh, Islamic Banking Service Quality and Withdrawal : The Indonesian Experience, International Journak of Excellence in Islamic Banking and Finance, ISSN 2220-8291 Volume 1-Issue 2 September 2011.

M. Napis Djunaedi, Kamus Kontemporer Indonesia-Arab Istilah Politik-Ekonomi, Mizan, Bandung, 2005.

Nunung Nurhayati, Model Praktikum Statistik Penelitian dengan SPSS, Lab. Akutansi Fakultas Ekonomi, 2013.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium Jilid 1 & 2, Prenhallindo, Jakarta, 2002.

, Manajemen Pemasaran, PT Indeks, Jakarta, 2007.

Philip Kotler & Kevin Lane Keler, Manajemen Pemasaran, Edisi Dua Belas, Jilid Satu,

Erlangga, Jakarta, 2009.

Ratmino Dan Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.

Ratih Hurriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung, 2005.

Robert Bramson, Customer Loyalty 50, Prestasi Pustaka, Jakarta, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung, 2010.

Widjaja Tandjung, Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Banyumedia, Malang, 2004.

Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. Service Marketing, McGraw Hill Inc’l Edition,New York, 2002.

Id.m.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi. Diakses tanggal 10 Januari 2015

www.accademia.edu/5452098/PERKEMBANGAN TEKNOLOGI_INFORMASI_DALAM_DUNIA_PERBANKAN. Di akses tanggal 10 Januari 2015

http://www.artikeltik.com/peranan-tik-dalam-bidang-perbankan.html. Diakses tanggal 5 Februari 2015

http://www.syariahmandiri.co.id/category/info-perusahaan/profil-perusahaan/profilperusahaan-profilperusahaan. Diakses tanggal 20 Januari 2015

www.syariahmandiri.co.id di akses pada tanggal 23 Februari 2015 pukul 19.00

Bank Indonesia, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1103

Flag Counter   Â