Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktek Home Industry Pada Produk Tanpa Tanggal Kedaluwarsa (Studi Kasus Home Industry Bola Susu Di Lembang)

Muhammad Peri Ginanjar, Ramdan Fawzi, Nanik Eprianti

Abstract


Abstract. Ethics islamic business to its full implementation is to Al-Qur’an the s and hadith in which an activity business is human effort seeking the way of god to agree an agenda for set up in business .Of doing business the targets are points national league reigning home industry who buy sale it to buy food and beverage products .But based on investigation result in the field additional national league reigning home product gdp figures last week industry was invented food special market operation or which does not mention expiration date which can harm consumers especially .So that the study is done at national league reigning home industry in lembang who manufactures the ball milk the offspring suckles as.The purpose of this research to understand and analyse how the aipj concept peer review ethics the business of islam against the practice of national league reigning home industry to products without a date out of date .A method of of this research is qualitative and the collection of data using field research ( the field ) .The technique of data collection a person free before observation and the objective of the interview .And techniques of of the data analysis that is used is identification normative .The results of of the study are there are still many national league reigning home industry.

Keyword: Ethics, Expiration Date


Abstrak.Etika bisnis Islam bersumber kepada Al-Qur’an dan Hadits di mana suatu kegiatan bisnis adalah usaha manusia untuk mencapai keridhaan Allah SWT yang menyangkut baik dan buruk dalam berbisnis. Kegiatan bisnis diantaranya adalah home industry yang memperjualbelikan produk makanan dan minuman. Namun fakta di lapangan terdapat produk home industry pangan yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa yang dapat merugikan konsumen. Sehingga penelitian ini dilakukan pada home industry di Lembang yang memproduksi bola susu. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan menganalisis bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktek home industry pada produk tanpa tanggal kedaluwarsa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dan pengumpulan data menggunakan field research (lapangan). Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan wawancara. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah normatif. Hasil dari penelitian ini adalah masih banyak home industry bola susu di Lembang yang tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada produknya. Sehingga hal ini tidak sesuai dengan aksioma dasar etika bisnis Islam yaitu keadilan, kehendak bebas, dan tanggung jawab dan dilihat dari peraturan pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 pasal 3 ayat 2 tentang label pangan yaitu harus memuat nama, produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih, tanggal, bulan, tahun kedaluwarsa.

Kata kunci: Etika, Tanggal Kedaluwarsa

Keywords


Etika, Tanggal Kedaluwarsa

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahnya. (2010). Bandung: Lajnah Pentashih Mushaf Al- Qur’an Departemen Agama RI

Alma, B. (2010). Pengantar Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Badroen, F. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana Prebada Media Grup.

Djakafar, M. (2004). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, L. (2012). Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Surakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.11020

Flag Counter   Â