PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP PENERIMAAN DANA ZAKAT PERIODE 2010-2014 DI DOMPET PEDULI UMMAT DAARUT TAUHIID KOTA BANDUNG
Abstract
Lembaga amal zakat DPU DT memiliki tujuan yaitu penghimpunan dana zakat. Strategi pemasaran yang dipilih DPU DT yaitu dengan strategi diferensiasi. Melalui strategi ini DPU DT berusaha menjadikannya berbeda dengan lembaga amil zakat lainnya. DPU DT memiliki program yang berbeda dengan lembaga amil zakat lainnya yaitu program pilar dakwah. Penerapan strategi diferensiasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan nominal penerimaan dana zakat di DPU DT. Tetapi pada tahun kedua setelah diterapkannya strategi diferensiasi, penerimaan dana zakat mengalami penurunan sebesar 7,48%.
Metode penelitian yang digunakan disini adalah menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dan metode verifikatif dengan meneliti pelaksanaan strategi diferensiasi dan menganalisa pengaruhnya terhadap tingkat penerimaan dana zakat di DPU DT. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, studi dokumentasi yang berupa laporan keuangan dan studi kepustakaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan penerapan strategi diferensiasi yang dilakukan manajemen DPU Daarut Tauhiid Kota Bandung dalam perspektif para muzzaki masuk kedalam kriteria baik. Peningkatan penerimaan dana zakat di Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Kota Bandung secara umum meningkat. Peningkatan rata-rata penerimaan dana zakat selama periode 2010 sampai dengan 2014 sebesar 6,85%. Kontribusi dari strategi diferensiasi yang dilakukan DPU Daarut Tauhiid Kota Bandung terhadap penerimaan dana zakat DPU Daarut Tauhiid sebagai lembaga amil zakat adalah 25,8%. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh sebesar 25,8%.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chandra, Strategi dan Program Pemasaran, ttp, 2002
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Eirlangga, Edisi 1 Jilid 2,
Jakarta, 2008
Kartajaya, Hermawan. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama, 2004.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 2, Jakarta. PT
Indeks Kelompok Gramedia, 2005
Kotler, dan Armstrong. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga, Jakarta,
PA OPZ tahun 2005 PSAK 109 Mengenai zakat, infaq dan shadaqah
PSAK nomer 23 paragraf 6
Tjiptono. Manajemen Pemasaran Dasar,Konsep,dan Strategi, Edisi Pertama, Raja Grafindo
Persada,Jakarta, 2009
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1089
  Â