PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN DALAM KEMASAN BERLABEL HALAL PADA MASYARAKAT MUSLIM BUMI ASRI (STUDI KASUS PADA SB MART BUMI ASRI)

Afifah Rufaidah, Eva Fauziah, Ratih Tresnati

Abstract


Bisnis ritel merupakan bisnis yang semakin berkembang dan banyak diminati. Banyaknya bisnis ritel yang berada di kawasan tersebut, menyebabkan timbulnya persaingan di antara para pelaku usaha ritel. Untuk menghadapi persaingan yang ada, SB Mart Bumi Asri melakukan pelaksanaan komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mempengaruhi konsumen melakukan keputusan pembelian di SB Mart Bumi Asri.

Jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yang berfungsi mengetahui suatu fenomena, gejala, yang khas atau unik dari suatu individu kelompok, atau objek sosial lainnya. Sehingga dapat diperoleh suatu deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 orang pengunjung SB Mart Bumi Asri. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi pemasan di SB Mart Bumi Asri dinilai baik meliputi aspek brosur, diskon dan kupon, tanggapan konsumen tentang komunikasi pemasaran di SB Mart dinilai baik karena konsumen telah merasakan komunikasi pemasaran yg dilakukan SB Mart Bumi Asri, tingkat keputusan pembelian dinilai cukup baik karena masyarakat Bumi Asri yang bermayoritas beragama Islam belum terlalu paham akan pentingnya makanan dalam kemasan berlabel halal, dan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar 0,727 (R = 0,727), koefisien determinan (R-Square/ ) sebesar 52,9%. Artinya pengaruh komunikasi pemasaran secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

 


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Keputusan Pembelian

References


Ahmad Rivai dan Nana Sudjana, “Media Pengajaranâ€, Bandung: Sinar Baru: 2007

Boyd Walker, Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Ahli Bahasa Oleh Imam Nurmawan, Jakarta: Erlangga: 1997

Oya Suryana, “Membangun Blog Wordpressâ€. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo: 2008

Phillip Kolter dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas, Jilid 1, Jakarta: Erlangga: 2009

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga Belas, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga: 2009

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, “Marketing Management 14th Edition†, Global Edition, Pearson Prentice Hall

Prof. Dedi Mulyana. “Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantarâ€, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya: 2009

Sulistyo Basuki, “Pengantar Ilmu Perpustakaanâ€, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama: 1991




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1077

Flag Counter   Â