Pemetaan Masalah dan Solusi Prioritas Terhadap Peningkatan Penjualan Produk IKM dengan Sistem E-Commerce Menggunakan AHP (Studi Kasus Pada IKM Binaan Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang)
Abstract
Abstract. This research based in the background by the construction in the application of the system of e-commerce organized by the Cooperative Agency of Sumedang. On the construction of the organized by the Office of the Cooperative is still there that haven't increased trade optimally sales of its products. Based on the background, the formulation of the problems are: How the matter of priority against the application of e-commerce in increasing product sales Department of Cooperatives of small-scale IKM trade and industry Sumedang? How the solution of priority against the application of e-commerce in increasing product sales Department of Cooperatives of small-scale IKM trade and industry Sumedang? And how the analysis of the application of e-commerce in increasing product sales Department of Cooperatives of small-scale IKM trade and industry Sumedang? This research method using mixed methods research design and analyzed using the method of AHP (Analytic Hierarchy Process). On quantification of model results showed that the most influential on the issue was trade with the weighting value 0.471, while the Office of Cooperative Sumedang already quite well in its construction with weighted value 0.391.
Keywords: E-Commerce, Problem, Solution, AHP
Â
Abstrak. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya pembinaan pada penerapan sistem e-commerce yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Kabupaten Sumedang. Pada pembinaan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi tersebut masih ada pelaku usaha yang belum meningkat secara optimal penjualan produknya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana masalah prioritas terhadap penerapan e-commerce dalam peningkatan penjualan produk IKM binaan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang? Bagaimana solusi prioritas terhadap penerapan e-commerce dalam peningkatan penjualan produk IKM binaan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang? Dan bagaimana analisis penerapan e-commerce dalam peningkatan penjualan produk IKM binaan Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang? Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods research design) dan dianalisis menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchy Process). Teknik pengumpulan yaitu dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Pada hasil kuantifikasi model menunjukan bahwa yang paling berpengaruh terhadap masalah ini adalah pelaku usaha dengan bobot nilai 0,471 sedangkan Dinas Koperasi Kabupaten Sumedang sudah cukup baik dalam pembinaannya dengan bobot nilai 0,391.
Kata Kunci: E-Commerce, Masalah, Solusi, AHP.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BISKOM. 2015. Pasar E-commerce Berpotensi Meningkat, from http://www.biskom.web.id/2015/02/23/2015-pasar-e-commerce-berpotensi-meningkat.bwi
Christea Frisdiantara & Imam Mukhlis. (2016). Ekonomi Pembangunan. Malang: Katalog Dalam Terbitan.
Muttaqin, Azhar. (2010). Transaksi E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Jual Beli islam. Jurnal. Fakultas Agama Islam UMM. Vol. IV No. 4.
Onno W. Purbo & Aang Arif Wahyudi. (2001). Mengenal E-Commerce. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sri Haryanti & Tri Iriyanti. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol. III. No. 1.
Tim BPKN, Kajian Perlindungan Konsumen di Inonesia, dalam www.bpkn.go.id
Wisanggeni, B. (2010). ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Dipetik Maret 27, 2018, dari https://bambangwisanggeni.wordpress.com/2010/03/02/analitycal-hierarchy-process-ahp/
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10742
  Â