Pengaruh Sosialisasi Program Bakul Unisba Terhadap Keputusan Mahasiswa Membayar Uang Kuliah Melalui E-Channel BRI Syariah

Mohamad Haikhal, Neneng Nurhasanah, Mohamad Andri Ibrahim

Abstract


Abstract.The development of E-Channel in raising fee-based income is becoming an opportunity for banking services to put forward the E-Channel feature. At Unisba itself, the program of tuition fees through E-Channel is not fully understood by students, it can be seen that many students make payments directly through Teller. From the bank BRI Syariah has socialized about E-Channel products. Socialization is done in the hope that students can know, understand and take decisions to make payments. The purpose of this study was to determine the effect of Bakul program socialization through BRI Sharia E-Channel on student decisions. This study uses a quantitative approach. The population of this study is active students in Unisba, the sample of this study as many as 100 students using a simple random sampling technique. The data collection of this study using questionnaires. Analysis of this research data using simple linear regression analysis. The results of this study found that Socialization of Bakul Program had a positive and significant effect on Student Decisions Paying Tuition Fee Through BRI Sharia E-Channels. With Socialization gives the effect of 73% against Student Decision, while 27% is the influence of other variables that are not examined.

Keywords: Socialization, Students Decision, E-Channel


Abstrak. Pengembangan E-Channel dalam rangka peningkatan fee-based income menjadi peluang yang dapat ditangkap oleh jasa perbankan untuk lebih mengedepankan fitur yang tersedia dalam instrumen E-Channel.  Di Unisba sendiri, perogram bakul bayar kuliah melalui E-Channel belum sepenuhnya dipahami oleh mahasiswa, terlihat dari mahasiswa yang masih banyak melakukan pembayaran secara langsung melalui Teller. Dari pihak bank BRI Syariah telah melakukan soialisasi mengenai produk E-Channel. Sosialisasi tersebut dilakukan dengan harapan mahasiswa dapat mengetahui, memahami dan berujung pada pengambilan keputusan untuk melakukan pembayaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh sosialisasi program bakul melalui E-Channel di BRI Syariah terhadap keputusan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Unisba, sampel penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Sosialisasi Program Bakul memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Mahasiswa Membayar Uang Kuliah Melalui E-Channel BRI Syariah. Dengan Sosialisasi memberikan pengaruh sebesar 73% terhadap Keputusan Mahasiswa, sedangkan sisanya 27% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Sosialisasi, Keputusan Mahasiswa, E-Channel


Keywords


Sosialisasi, Keputusan Mahasiswa, E-Channel

Full Text:

PDF

References


Kasmir, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)

Hasil wawancara dengan pihak bank dan pihak UNISBA

Ihrom, Bunga Rampai Sosiologi Keluarga (Jakarta:Yayasan OborIndonesia,2004)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10696

Flag Counter   Â