Pengaruh Aplikasi “Kita Bisa†Terhadap Minat Masyarakat dalam Membayar Zakat
Abstract
Abstract. Islam is a religion that concerns the importance of justice, with the aim of creating a just, prosperous and prosperous society. This is evidenced by the attention given by Islam to the weak, the form of attention with the obligation to pay zakat. In the collection of zakat there are various ways, among others, by picking up the ball but with the development of the times and the existing technology, the collection of zakat in new ways such as creating an online application of zakat payments based on Android which is named "Kita Bisa". This innovation is a utilization because of the development of information technology and easy internet access. This study aims to find out the public interest in paying zakat in the "Kita Bisa" application and to find out the effect of the "Kita Bisa" application on people's interest in paying zakat. The method used in this study is a quantitative descriptive method. The results of the "Kita Bisa" application to the public interest in paying zakat showed an effect of 0.140 and p-value (sig) of 0.000 under 5%. This means that the application of "Kita Bisa" influences the interest of the people in paying zakat by 14% and 86% of the rest is influenced by other variables outside the research
Keywords: Online application, Zakat
Â
Abstrak. Islam merupakan sebuah agama yang memperhatian pentingnya sebuah keadilan, dengan tujuan terciptanya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perhatian yang diberikan islam kepada kaum yang lemah, bentuk perhatian tersebut dengan adanya kewajiban pengeluaran zakat. Dalam pengumpulan zakat ada berbagai macam cara antara lain dengan jemput bola namun dengan seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang ada, pengumpulan zakat dengan cara baru seperti menciptakan sebuah aplikasi online pembayaran zakat berbasis android yang diberi nama “Kita Bisaâ€. Inovasi tersebut merupakan sebuah pemanfaatan karena berkembangnya teknologi informasi dan mudahnya akses internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat dalam membayar zakat di aplikasi “Kita Bisa†dan untuk mengetahui pengaruh aplikasi “Kita Bisa†terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrtiptif kuantitatif. Hasil penelitian antara aplikasi “Kita Bisa†terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat menunjukkan pengaruh sebesar 0,140 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%. Artinya aplikasi “Kita Bisa†berpengaruh terhadap minat masyarakat masyarakat dalam membayar zakat sebesar 14% dan 86% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Kata Kunci: Aplikasi Online, Zakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anton M. Moeliono dkk, (1999), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ardianto Elvinaro dan Erdinaya Komala Lukiati,(2004) Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Didin Hafidhuddin, (2002), Zakat Dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani.
Fakruddin, (2008), Fiqh dan manajemen Zakat di Indonesia, Malang: UIN Malang Pers
Hamzah B Uno dan Nina Lamatenggo, (2010), Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta:Bumi Aksara.
Masrur Huda, (2012), Syubhat Seputar Zakat, Solo : Tinta Medina.
Sukanto M.M, (1985), Nafsiologi, Jakarta: Integritas Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.10557
  Â