PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI KERJA KARYAWAN DI BJB SYARIAH CABANG SOREANG KABUPATEN BANDUNG

Rizka Haryana, Neneng Nurhasanah, Aminuddin Irfani

Abstract


Melakukan pemberian fasilitas kerja secara proporsional tidaklah mudah, hal ini sebagaimana yang terjadi di BJB Syariah Cabang Soreang dimana karyawan yang prestasi kerjanya baik tidak selalu diberikan fasilitas kerja sebagai bentuk tunjangan perusahaan. Pemberian fasilitas kerja tergantung ada atau tidak-nya anggaran yang disediakan oleh pihak manajemen.Kemudian pemberian fasilitas kerja tersebut diberikan kepada karyawan yang prestasi kerjanya bisa melebihi target yang ditentukan manajemen dapat dipromosikan jabatannya. Pada BJB Syariah setiap prestasi karyawan akan dilihat dari KIP (kinerja indeks prestasi).

Metode yang digunakan disini adalah deskriptif analitis, yaitu metode yang berusaha mengumpulkan data sesuai dengan keadaan sebenarnya, menyajikan serta menganalisisnya sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti, kemudian dapat ditarik kesimpulan mengenai pemberian fasilitas kerja dan pengaruhnya terhadap peningkatan prestasi kerja karyawan.

Hasil penelitian adalah pelaksanaan dan standarisasi penilaian prestasi kerja karyawan  dilaksanakan oleh pihak HRD BJB Syariah.Mekanisme pemberian fasilitas kerja dengan memberikan insentif atau  promosi jabatan dan kenaikan pangkat kepada para karyawan. Dan pengaruh fasilitas kerja terhadap peningkatan prestasi kerja karyawan pada hasil koefisien determinasi menunjukkan besar pengaruh dari fasilitas kerja yang diberikan oleh pihak manajemen terhadap prestasi kerja sebesar 78.8% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Fasilitas, Kerja, Kinerja, dan Prestasi

References


Samsudin, H. Sadili. Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Pustaka Setia, Bandung, 2009 : Hal. 150.

Faisal, Pengaruh insentif dan fasilitas kerjaterhadap produktivitas karyawan (Makalah diajukan pada seminer Ekonomi FE UGM pada tanggal 11 Januari 2005), FE-UGM, Yogyakarta, 2005 : Hal. 18

Moekijat, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Pustaka Press, Jakarta, 2000 : Hal. 1

Buchari Alrad, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta, Bandung, 2001 : Hal.12.

Hartanto,Produktivitas Perusahaan. Edisi Pertama, Rajawali Press, Jakarta, 2000 : Hal. 501.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1019

Flag Counter   Â