KUALITAS PELAYANAN ISLAMI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH BANK BRI SYARIAH KCP CIMAHI

Nidhar Ramadhani, Neneng Nurhasanah, Ratih Tresnati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan islami di bank BRI Syariah KCP Cimahi, untuk mengetahui tanggapan responden mengenai pelaksanaan Kualitas Pelayanan Islami, untuk mengetahui keputusan nasabah dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan islami terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi.  Jenis penelitian ini adalah verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variabel dependen. Metode penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu penelitian yang berfungsi untuk menemukan fakta dan interpretasi yang tepat, yang ditujukan untuk menguji hipotesis-hipotesis dan mengadakan interpretasi yang lebih dalam tentang hubungan-hubungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah kusioner dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 45 nasabah bank BRI Syariah KCP Cimahi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Judgement Sampling (purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis reegresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan islami terhadap keputusan nasabah dalam memilih bank BRI Syariah KCP Cimahi.

 


Keywords


Kualitas Pelayanan Islami, Keputusan Nasabah, BRI Syariah

References


Abdul Qawi Othman Dan Lynn Owen, Adopting And Measuring Customer Service Quality (Sq) In Islamic Banks: A Case Study In Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Financial Services, Vol. 3, no 1,2001.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Parasuraman A., Berry, L., Zeithaml, V., ‘Quality Counts In Service too’ Business Horizon

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Markketing Management, Pearson Education, 14th Editions, USA, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.1015

Flag Counter   Â