Implementasi Pemeriksaan Kendaraan Bermotor dalam Mewujudkan Tertib Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kota Bandung

Syaufi Nur Akbar, Dini Dewi Heniarti

Abstract


Abstract.Transportation has a very important role in people’s lives in various fields, driving is very important, both for the means of human transportation itself and logistics services for the expedition. By because the issues that will be studied is directed to the identification of problems as follows: (1) How is the implementation of Government Regulation No. 80 of 2012 on Procedures for Motor Vehicle Inspection and Enforcement Violations Road Traffic and Road Transport in the city of Bandung. (2) What are the obstacles in the implementation of Government Regulation No. 80 of 2012 Procedures for Inspection of Motorized Vehicles on the Road and Enforcement of Traffic and Transportation Violations in the City of Bandung?  Methods were conducted in research this is the approach of juridical normative. Data collection techniques performed by the author is by interview. Research Specifications are by Descriptive Analysis. The Police Implementation Operation did for the sake of orderly and traffic and curb violations and traffic are carried by the rider, the scheme essentially has been following Regulation no 80 the year 2012, but in some circumstances still, some things have not been aligned with the provisions of Regulation no 8- the year 2012 can be said as a minor incompatibility.Obstacles are the lack of understanding of the officer despite done training education and training so that in the case of execution of Operation Policing becomes less precise in terms of technical thus disturb the comfort of the rider in driving.

Keywords: Operation Police, Leisure Driving, Violation The Cross.


Abstrak. Transportasi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat dalam berbagai bidang, berkendara sangat penting, baik untuk sarana transportasi manusia itu sendiri maupun layanan logistik ekspedisi

Oleh karena itu permasalahan yang akan dikaji diarahkan kepada identifikasi masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan Peraturan Pemerintah no 80 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dalam Upaya mewujudkan tertib lalu linytas dan angkutan jalan di Kota Bandung. (2) Apa kendala dalam pelaksanaan Peraturan pemerintah No 80 Tahun 2012 Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Kota Bandung. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Yuridis Normatif. Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan Wawancara. Spesifikasi Penelitian adalah dengan Deskriptif Analisis.

Pelaksanaan Operasi Kepolisian dilakukan demi teraturnya lalu lintas dan menertibkan Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara, pada skema dasarnya telah sesuai dengan PP no 80 tahun 2012, namun dalam beberapa keadaan masih ada hal yang belum selaras dengan ketentuan PP no 80 tahun 2012 dapat dikatakan sebagai ketidak sesuaian minor.

Hambatan hambatannya adalah kurangnya pemahaman petugas kendati telah dilakukan diklat diklat, sehingga dalam hal ini pelaksanaan Operasi Kepolisian menjadi kurang tepat dalam segi teknis sehingga mengganggu kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Kata Kunci: Operasi Kepolisian, Kenyamanan Berkendara, Pelanggaran Lalu Lintas



Keywords


Operasi Kepolisian, Kenyamanan Berkendara, Pelanggaran Lalu Lintas

Full Text:

PDF

References


Charles Reith, dalam Momo Kelana , Hukum Kepolisian

(Perkembangan di Indonesia) suatu studi histories komperhensif, PTIK , Jakarta, 1972

Dini Dewi Heniarti, Sistem Peradilan Militer di Indonesia, Refika Aditama, Bandung, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22217

Flag Counter     Â