Isolasi Minyak Biji Karet (Hevea brasiliensis ( Wild. Ex A. Juss) Mull. Arg) sebagai Bahan Sediaan Krim

Muhamad Rizki Azhari, Indra Topik Maulana, Reza Abdul Kodir

Abstract


Biji karet merupakan bagian dari pohon karet yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Minyak biji karet dengan kandungan asam oleat, dan linoleat yang tinggi dapat dijadikan alternatif eksipien selain jenis minyak yang sering digunakan dalam bidang farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan minyak biji karet yang selanjutnya akan dimanfaatkan sebagai eksipien sediaan krim. Minyak biji karet diisolasi dengan metode Soxhlet menggunakan pelarut n-heksan. Minyak biji karet selanjutnya digunakan sebagai eksipien untuk pembuatan krim. Analisis data menunjukan bahwa minyak biji karet memiliki angka penyabunan 119,804 mg/g, dan berat jenis 1,198 g/mL. Minyak yang telah diperoleh dan terstandar dibuat sediaan krim dan dilakukan evaluasi krim. Evaluasi terhadap viskositas, pH, serta daya sebar untuk F1 dan F2 secara berturut-turut adalah 7630 cp dan 5630 cp, 5,207 dan 5,254, 9,9 cm dan 10,1 cm. Krim yang mengandung minyak biji karet menunjukan hasil yang stabil pada pengujian freeze-thaw, heating-cooling, sentrifugasi, dan uji stabilitas pada suhu 40oC.


Keywords


abstrak

References


Ansel,H.C. (1989). Pengatar Bentuk sediaan Farmasi. Edisi 4. UI Press. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2014). Statistik Karet Indonesia. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Cronquist, A., 1981. An Integrated System Of Classification Of Flowering Plants. Colombia Univercity Press. New York.

Didit Heru dan Agus Andoko. (2008). Petunjuk Lengkap Budidaya Karet. Agro Media Pustaka, Jakarta Selatan.

Ditjen POM. (2000). Parameter Standar Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Cetakan Pertama. Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Fidaus Susanto. (2001). Ekstraksi Biji Karet. Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Garg, A., Aggarwal, D., Garg, S., dan Sigla, A.K. (2002). Spreading of Semisolid Formulation : An Update, Pharmaceutical Technology.

Joshita. (1998). Stability Testing of Cosmetics Product. Personal Care Ingridients Asia Conference Paper, Step Exhibitions Limited, Tumbridge Wells. P.

Ketaren, S. (2008). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Martin, A. (1993). Farmasi Fisika : Dasar-dasar Farmasi Dalam Ilmu Farmasetik, Terjemahan Yoshita, Unversitas Indonesia Press, Jakarta.

Rowe C Raymond, Sheskey J Paul, Quinn E Marian. (2009). Handsbooks of Pharmaceutical Excipients. Pharmaceutical Press, USA.

Tranggono, Iswari Retno. Dr. (2007). Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8122

Flag Counter    Â