Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak dan Fraksi Rimpang Gandasoli Hutan (Hedychium roxburghii.Bl) dengan Metode DPPH

Novita Nuraina, Endah Rismawati, Reza Abdul Kodir

Abstract


Gandasoli hutan (Hedychium roxburghii Bl.) adalah tanaman obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat untuk mengobati sakit gigi, demam dan sakit pinggang. Pada penelitian ini dilakukan pengujian potensi antioksidan dari rimpang gandasoli hutan, penetapan nilai IC50 ekstrak dan fraksi rimpang gandasoli hutan, serta menentukan kesetaraan potensi antioksidan ekstrak dan fraksi rimpang gandasoli hutan, dengan pembanding vitamin C. Sebagai bahan uji ekstraksi gandasoli hutan dibuat melalui maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Ekstrak difraksinasi mengunakan metode ekstraksi cair-cair (ECC) dengan pelarut n-heksana, etil asetat dan metanol. Hasil pengujian antioksidan dengan metode peredaman radikal bebas DPPH, nilai IC50 fraksi etil asetat (106,551 ppm) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai IC50 ekstrak dan fraksi lainnya. Berdasarkan nilai IC50 yang dimilikinya, fraksi etil asetat termasuk kategori potensi antioksidan sedang. Jika dibandingkan dengan vitamin C, nilai kesetaraan yang diperoleh untuk fraksi etil asetat agar dapat mencapai aktivitas antioksidan yang sama dengan vitamin C diperlukan konsentrasi 20,330 kali lebih besar dari konsentrasi vitamin C.


Keywords


Gandasoli hutan, Hedychium roxburghii Bl, antioksidan.

References


Arief,S. (2006). Radikal Bebas. Fakultas Kesehatan UNAIR : Surabaya.

Armala,M.M.,(2009). Daya Antioskidan Fraksi Air Ekstrak Herba Kenikir dan Profil KLT, (Skripsi), Fakultas Farmasi UII. Yogyakarta.

Evi,U,.Moch,H. (2007). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Naga (Hylocereus undatus (haw.)Britt.&Rose).Skripsi, Sarjana Farmasi, Universitas Jember.

Lindsay D.G.,&Astley S.B. (2006). European Research on the Functional Effects of Dietary Antioxidants. EUROFEDA,Mol a Spects Med.

Kodir,RA. (2008). Perbandingan Komposisi dan Potensi Penggunaan Tumbuhan Komunitas Hutan Campuran, Hutan Rasamala (Altingia vries) di Daerah Gunung Patuha dan Sekitarnya. Skripsi, Sarjana Biologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, ITB, Bandung.

Molyneux, P. (2004). The Use Of The Stable Free Radical Diphenil Picrylhidrazyl (DPPH) for estimating antioxidants activity.Hal 212,214,216.

Winarsi, H. (2007) .Antioksidan Alami dan Radikal Bebas.Yogyakarta:Kanisius

Yu, L. (2008). Wheat Antioxidant. Kanada : John Wiley and Sons:147.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7961

Flag Counter    Â