STUDI PAPARAN PEMANIS BUATAN ASPARTAM PADA MINUMAN RINGAN YANG DIKONSUMSI SISWA/I SMP NEGERI 1 CIMAUNG KABUPATEN BANDUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FOOD FREQUENCY QUESTIONNAIRE

Imas Erni Sumartini, Hilda Aprilia Wisnuwardhani, Bertha Rusdi

Abstract


Aspartam adalah bahan tambahan pangan (BTP) jenis pemanis buatan yang memiliki izin. Minuman yang mengandung pemanis ini banyak disukai anak-anak, sehingga dapat menyebabkan resiko jika melebihi nilai ADI (acceptable daily intake). Batas maksimal ADI dari aspartam yaitu 50 mg/kg BB/ hari. Telah dilakukan studi paparan aspartam dalam minuman ringan menggunakan metode food frequency questionnaire yang dilakukan 1 x 24 jam pada siswa/i SMP Negeri 1 Cimaung Kabupaten Bandung, dengan mengikut sertakan 93 responden. Analisis kualitatif dan kuantitatif aspartam pada minuman ringan dilakukan dengan metode KCKT, fase diam C-18, fase gerak asetonitril : dapar natruim dehidrogenfosfat dengan tipe elusi isokratik, laju alir 1,2 mL/menit, detektor UV gelombang 210 nm. Hasil uji paparan diperoleh nilai untuk sampel A sebesar 15,34 mg/kg BB/ hari (30,68 % ADI) , sampel B 11,17 mg/kg BB /hari (22,34 % ADI), dan sampel C 8,14 mg/kg BB/ hari (16,28 % ADI). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan tingkat paparan aspartam pada siswa/i SMP Negeri 1 Cimaung Kabupaten Bandung masih memenuhi syarat karena masih berada di bawah nilai ADI.


Keywords


Aspartam, Paparan, KCKT, food frequency questionnaire

References


Fitriana, R (2013). Studi paparan (Exposure Assessment) Natrium Benzoat dan Aspartam Pada Siswa SMA Kemah Indonesia 2 dan SMK Bina Insan Mulia Bandung Menggunakan Metode Food Records 24 Hours dan Food Frequency Questionnaire. Thesis Sekolah Farmasi ITB.

Gandjar, I. G., Rahman, A. (2012). Kimia Farmasi Analisis, Pustakan Pelajar, Yogyakarta.

Hadju. A. Nuraini, (2012). Analisis Zat Pemanis Buatan Pada Minuman Jajanan Yang Dijual Di Pasar Tradisional Kota Manado.(Jurnal) Jurusan Teknologi Pertanian Fakulatas Universitas Sam Ratulagi.

Sean, C, S. (2009) Martindale The Complete Drug Reference. Thirty-sixth edition, London Chicago.

Simatupang, H. (2009). Analisis Penggunaan Zat Pemanis Buatan Pada Sirup Yang Dijual Di Pasaran Tradisional Kota Medan.Skripsi Fakultas Kesehatan Masyaratkat Universitas Sumatera Utara. Medan.

Wardani, A, L. (2012).Validasi Metode Analisis dan Penentuan Kadar Vitamin C Pada Minuman Buah Kemasan Dengan Spektrofotometri UV-Visibel. Skripsi FMIPA UI. Depok.

Waston. G. David, (2009). Analisis Farmasi : Buku Ajaran Untuk Mahasiswa Farmasi dan Praktisi Kimia Farmasi. Ed 2. EGC : Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.595

Flag Counter    Â