PERBANDINGAN KOMPOSISI ASAM LEMAK ANTARA MINYAK BELUT (Monopterus albus) DAN MINYAK SIDAT (Anguilla sp.) DENGAN METODE KG-SM

Anggun Sandita, Indra Topik Maulana, Livia Syafnir

Abstract


Belut (Monopterus albus) dan Sidat (Anguilla sp.) merupakan ikan bertulang sejati yang hidup di air tawar yang memiliki kesamaan dan perbedaan secara fisiologis. Namun kandungan nutrisinya terutama asam lemak belum tentu sama. Kandungan asam lemak pada belut dan sidat didasarkan pada pola konsumsi dari keduanya. Oleh karena itu tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh minyak hewani dari belut dan sidat serta mengetahui perbandingan komposisi asam lemak yang terkandung didalamnya. Penelitian ini diawali dengan persiapan bahan simplisia dan uji parameter mutu simplisia, selanjutnya dilakukan proses ekstraksi minyak dengan cara refluks. Rendemen yang diperoleh pada minyak belut adalah 0,056% dan minyak sidat adalah 1,486%. Hasil uji parameter mutu minyak belut dan sidat seperti bobot jenis adalah 0,652 dan 0,826; bilangan asam adalah 7,656 mg NaOH/gram dan 6,038 mg NaOH/gram; bilangan peroksida adalah 66,667 meq oksigen/kg dan 21 meq oksigen/kg. Hasil analisis KG-SM pada minyak belut mengandung asam heksadekanoat (asam palmitat) sebesar 100%, sedangkan minyak sidat mengandung asam heksadekanoat (asam palmitat) sebesar 48,55% dan asam 9-oktasdesenoat (asam oleat) sebesar 51,44%.



Keywords


minyak belut, minyak sidat, asam lemak, KG-SM.

References


Ahmad, Dede., Sari, Putri Nopita., dan R, Purwa Gilang. (2014). UJI KUALITAS MINYAK KELAPA DENGAN UJI COBA PENGGORENGAN, Jurnal Teknologi Pengolahan Minyak dan Lemak, Program Studi Teknologi Agroindustri, Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: 1-12.

Aminah, Siti. (2010). BILANGAN PEROKSIDA MINYAK GORENG CURAH DAN SIFAT ORGANOLEPTIK TEMPE PADA PENGULANGAN PENGGORENGAN, Jurnal Pangan dan Gizi,Vol. 01, No. 01, Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah, Semarang: 7-14.

Astuti, Meiria Sylvia. (2006). Isolasi dan Identifikai Komponen Minyak Atsiri Umbi Teki (Cyperus rotundus L.) [Skripsi], Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia. (2011). Persyaratan Penambahan Zat Gizi dan Zat Non Gizi dalam Pangan Olahan. BPOM RI, Jakarta.

Bockisch, Michael. (1998). Fats and Oils Handbook, AOCS Press, Hamburg, Jerman.

Gunawan, Erin Ryantin., Suhendra, Dedy., Handayani, Sri Seno., Kurniawati, Lely., Murniati, dan Nurhidayanti. (2014). ANALISIS KANDUNGAN ASAM LEMAK OMEGA-3 DAN 6 PADA BAGIAN KEPALA DAN BADAN IKAN LELE (CLARIAS Sp) MELALUI REAKSI ENZIMATIS, Prosiding Seminar Nasional Kimia, ISBN : 978-602-0951-00-3 Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya: 1-8.

Ketaren. (1986). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. UI Press. Jakarta.

Khamidinal., Hadipranoto, Ngatidjo., dan Mudasir. (2007). Pengaruh Antioksidan Terhadap Kerusakan Asam Lemak Omega-3 Pada Proses Pengolahan Ikan Tongkol, Kaunia, Vol.III, No. 2, Program Studi Kimia Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Program Studi Kimia FMIPA UGM Yogyakarta: 119-138.

Pradana, Rizky Cahya., Soetjipto, Hartati dan Kristijanto, A. Ign. (2014). Komposisi Kimiawi Penyusun Minyak Biji Petai Cina (Leucaena leucocephala (Lam.) de Wit) dan Pengaruh Lama Waktu Ekstraksi Terhadap Sifat Fisiko-Kimiawinya, Makalah Pendamping Kimia Organik Bahan Alam, ISBN: 979363174-0, Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VI, Pemantapan Riset Kimia dan Asesmen Dalam Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik, Program Studi Kimia, FSM Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga: 243-252.

Rasyid, Abdullah. (2003). Asam Lemak Omega-3 Dari Minyak Ikan, Oseana, VolumeXXVVIII, Nomor 3, ISSN 0216-1877, Bidang Sumberdaya Laut, Pusat Penelitian Oseanografi- LIPI, Jakarta: 11-16.

Sani, Nazma Sabrina., Racchmawati, Rofiah dan Mahfud. (2012). Pengambilan Minyak Atsiri dari Melati dengan Metode Enfleurasi dan Ekstraski Pelarut Menguap. Jurnal Teknik Pomits Vol.1, No.1, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas TEknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya: 1-4.

Saparinto, C dan Taufik, A. (2008). Usaha Pembesaran Belut, Penebar Swadaya, Jakarta.

Sartika, Ratu Ayu Dewi. (2008). Pengaruh Asam Lemak Jenuh, Tidak Jenuh dan Asam Lemak Trans terhadap Kesehatan, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Vol. 2, No. 4, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Kampus Baru UI, Depok: 154-160.

Sarwono, B. (2011). Budidayaa Belut dan Sidat, Penebar Swadaya, Jakarta.

Sasongko, Agus., Purwanto, Joko., Mu’minah, Siti., Arie, Usni. (2007). Sidat, Panduan Penangkapan, Pendederan dan Pembesaran. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suhardjo dan Kusharto, Clara M. (2010). Prinsip Prinsip Ilmu Gizi, Penerbit Kanisius Anggota Ikapi, Jakarta.

Sumardjo, Damin. (2008). Pengantar Kimia: Buku Panduan Kuliah Mahasiswa Kedokteran dan Program Strata I Fakultas Bioeksakta, EGC, Jakarta.

SRIF. (1998). Gas Chromatography-Mass Spectroscopy Background. (https://www.gmu.edu/depts/SRIF/tutorial/gcd/gc-ms2.htm) diunduh pada 9 januari 2015.

Tuminah, Sulistyowati. (2009). EFEK ASAM LEMAK JENUH DAN ASAM LEMAK TAK JENUH "TRANS" TERHADAP KESEHATAN [Artikel], Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Volume XIX, Suplemen II, Puslitbang Biomedis dan Farmasi: 13-20.

Wildan, A., A, D. Ingrid., Hartati, I dan Widayat. (2012). OPTIMASI PENGAMBILAN MINYAK DARI LIMBAH PADAT BIJI KARET DENGAN METODE SOKHLETASI, Momentum, Vol 8, No. 2, ISSN 0216-739, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi “Yayasan Pharmasiâ€, Universitas Wahid Hasyim, Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang: 52-55.

Winarno, F.G. (1984). Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI, Jakarta.

Wood, Randall,. Kubena, Karen,. O’Brien, Barbara,. Tseng, Stephen, and Martin, Gail. (1993). Effect of butter, mono- and polyunsaturated fatty acid-enriched butter, trans fatty acid margarine, and zero trans fatty acid margarine on serum lipids and lipoproteins in healthy men, Journal of Lipid Research, Volume 34, Department of Biochemistry and Biophysics, Texas A&M University, College Station, Texas: 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1949

Flag Counter    Â