Pengaruh Pengikat Pvp dan Cmc-Na serta Perbedaan Metode Ekstraksi terhadap Karakteristik Tablet Mengandung Kombinasi Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L.) dan Buah Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa [Scheff.] Boerl.)

Restu Noor Hafithsa, Embit Kartadarma, Amila Gadri

Abstract


Pengaruh dari pengikat PVP dan CMC-Na terhadap proses pembuatan tablet yang mengandung ekstrak buah mengkudu dan buah mahkota dewa telah diteliti. Tablet yang dibuat, diproses dengan menggunakan metode granulasi basah. Sifat-sifat dari granul dievaluasi dan memenuhi syarat-syarat baku. Hasilnya menunjukkan bahwa semua tablet yang mengandung pengikat PVP dan CMC-Na berturut-turut 5% dan 6%, memberikan sifat yang baik.


Keywords


Buah Mengkudu, Buah Mahkota dewa, Tablet, PVP, CMC-Na

References


Ansel, H.C. 1989. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi. Edisi Keempat, terjemahan Ibrahim dan Farida, Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Bangun, A.P., dan Sarwono, B., 2002, Sehat dengan Ramuan Tradisional: Khasiat dan Manfaat Mengkudu, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Chaerunnisa, Anis, dkk. (2009). FARMASETIKA DASAR: Konsep Teoritis dan Aplikasi Pembuatan Obat. Bandung: Widya Padjajaran

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1979. Farmakope Indonesia, Edisi III, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat Dan Makanan, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1995. Farmakope Indonesia, Edisi IV, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat Dan Makanan, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 1989. Materia Medika Indonesia, Edisi V, Direktorat Jenderal Pengawasan Obat Dan Makanan, Jakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2000. Parameter Standar Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan.

Harmanto, N. (2001). Mahkota Dewa: Obat Pusaka Para Dewa, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia III. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Jakarta : 1749 – 1789.

Juwita, Ratih. 2009. Efek Kombinasi Ekstrak Etanol Buah Mengukudu (Morinda citrifolia L.) dan Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa [Scheff.] Boerl.) Terhadap Kadar Glukosa Darah Puasa Pada Mencit Galur Swiss Webster. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

Lachman, L. 1994. Teori dan Praktek Farmasi Industri, Edisi III buku kedua, terjemahan Siti Suyatmi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Siregar, C.J.P. 2010.Teknologi Farmasi Sediaan Tablet: Dasar- dasar praktis. EGC, Jakarta.

Syamsul hidayat, S.S and Hutapea, J.R, 1991, Inventaris Tanaman Obat Indonesia, edisi kedua, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Winarto W.P. (2003) Mahkota dewa: budi daya & pemanfaatan untuk obat. Penebar swadaya Medical Plants.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1710

Flag Counter    Â