Preferensi Masyarakat Terhadap Produk Makanan Kemasan Berlabel Halal dan Tidak Berlabel Halal Studi Kasus: Masyarakat Kota Bandung

Anggraeni Sutilestari Arni, Ima Amaliah, Westi Riani

Abstract


Abstract. Currently, there are many types of food packaging products commonly consumed by society, and this will affect the pattern of public consumption of various goods and services. Therefore, consumers should be more careful in choosing the products they consume, especially in relation to product distribution permit from BPOM and halal label from MUI. The purpose of this study to describe the factors that determine the Bandung community preference to food packaging products labeled kosher and not labeled kosher. The research type is quantitative descriptive with field survey method. Preference data obtained by Likert scale with 100 respondents taken at random from 30 districts spread in Bandung. The determinants of preference are price, income, appetite and product attributes with the dominant factor is the taste. That is, people are more concerned with the taste (trend and taste image) attached to packaging food products.

Keywords: Preference, Packaging Products, Halal Label, Tastes, Product Attributes

 

Abstrak. Saat ini, ada banyak ragam jenis makanan produk kemasan yang biasa dikonsumsi masyarakat, dan ini akan mempengaruhi pola konsumsi masyarakat atas berbagai barang dan jasa. Untuk itu, konsumen harus lebih hati-hati dalam memilih produk yang dikonsumsinya terutama dalam kaitannya dengan izin edar produk dari BPOM dan label halal dari MUI. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor yang menentukan preferensi masyarakat Kota Bandung terhadap produk makanan kemasan berlabel halal dan tidak berlabel halal. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey lapangan. Data preferensi diperoleh dengan skala likert dengan 100 responden yang diambil secara random dari 30 kecamatan yang tersebar di Kota Bandung. Faktor penentu preferensi adalah harga, pendapatan, selera dan atribut produk dengan faktor dominan adalah selera. Artinya, masyarakat lebih mementingkan cita rasa (trend dan image rasa) yang melekat pada produk makanan kemasan.

Kata Kunci: Preferensi, Produk Kemasan, Label Halal, Selera, Atribut Produk

 


Keywords


Preferensi, Produk Kemasan, Label Halal, Selera, Atribut Produk

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Bandung, 2015. Kota Bandung Dalam Angka 2015.

Bandung

Kholiq, Muhammad, “Studi Analisis Terhadap Produk Makanan dan Minuman Olahan yang belum Bersertifikat Halalâ€, 2010, Semarang

Mujaddiyn, Ababilil, Mohammad, “Sertifikasi Halal Terhadap Produk Impor dalam Perspektif Majelis Ulama Indonesia dan Badan Pengawasan Obat dan Minuman (BPPOM)â€, 2015, Tulungagung.

Wahyuni, Meika, “Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Sertifikat Halalâ€, 2015, Skripsi.

Wulan Nur Fattonah. Ima Amaliah, dan Nurfahmiyati (2017), “ Faktor-Faktor Yang Menentukan Permintaan Makanan Cepat Saji di Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Bandungâ€. Skripsi, Bandung: Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9840

Flag Counter    Â